fbpx

Beberapa Tips Memperoleh Nilai TOEFL Tinggi

Bagaimana Cara Mendapat Skor TOEFL diatas 500?

cara mendapatkan skor toefl diatas 500

Pernah gak sih kamu merasa tak bisa memperoleh nilai toefl diatas 500? Jika Jawabannya iya, ini mungkin menyatakan bahwa kamu tak percaya diri pada kemampuan bahasa inggris yang dimiliki. Padahal kan tes TOEFL adalah salah satu tes yang penting untuk dikuasai, Bukan tanpa alasan, TOEFL dipakai sebagai alat ukur kemampuan individu dalam berkomunikasi bahasa inggris baik lisan ataupun tulisan.

Akan Tetapi tenang saja, kamu tidak sendiri kok. Banyak sekali orang diluar sana yang bisa berbahasa inggris secara lisan, namun skor toeflnya dibawah 500, Kok bisa? Ada banyak faktor. Yang seringkali terjadi, dikarenakan ia tidak menguasai skill secara keseluruhan. Banyak orang yang menganggap bahwa test TOEFL ialah suatu tes yang sangat sulit, Walaupun tidak selalu seperti itu. Faktanya, untuk mendapatkan skor toefl diatas 500 kamu harus banyak belajar dan sering berlatih sebelum mengikuti tes. Seperti mengatur waktu belajar pada kondisi mood yang baik dan cobalah untuk fokus mendalami materi toefl serta tak perlu memikirkan hal lain.

Salah satu kendala belajar TOEFL yang menyebabkannya menjadi terasa begitu sulit, biasanya disebabkan oleh minimnya persiapan atau informasi penting, sehingga kamu akan mengalami hambatan dalam menguasai materi. Selain itu, Pada tes TOEFL juga terdapat sebagian soal yang harus diselesaikan dalam waktu yang cepat. Nah, oleh sebab itu, kamu juga perlu untuk bisa melakukan efisiensi waktu kamu secara tepat dan efektif. Jika tak berhasil dalam mengatur waktu selama tes, bisa-bisa kamu kehilangan kesempatan untuk mengerjakan soal yang lainnya.

Kabar gembira untuk kalian, Menguasai TOEFL ialah skill yang bisa dilatih tentunya. Terdapat banyak orang diluar sana yang mampu mendapatkan skor 500, bahkan lebih. Ada beberapa tips dan trik untuk mencapai skor toefl tinggi diatas 500. Diantaranya ialah:

 

1. Teknik Skim and Scan akan Membantu kamu membaca dengan Cepat

Teknik ini sering sekali digunakan pada tes IELTS karena teknik tersebut dapat membantu mempersingkat waktu membaca sekaligus memperoleh informasi penting dengan baik. Nah, Skim sendiri memiliki arti yaitu memilah paragraph yang dibutuhkan atau yang tak diperlukan. Sedangkan Scan ialah mencari poin-poin penting yang dibutuhkan pada paragraph tersebut.

Nah, untuk melakukan teknik ini sangatlah sederhana, kamu hanya perlu menemukan kata kunci pada pertanyaan yang kemudian cari kata kunci tersebut pada teks, temukan paragrafnya, dan coret paragraf yang tidak memiliki kata kunci. Setelah itu, baca poin-poin penting yang terdapat pada paragraf seperti, nama seseorang, angka, tahun, dan lain-lainnya.

 

2. Dahulukan Membaca Pertanyaan Dan Pilihan Jawaban Sebelum Mulai Bagian Listening

Trik berikutnya, kamu harus mampu lakukan penggunaan waktu sebaik mungkin pada bagian listening. Maksudnya bagaimana? Pada saat perintah tes dibacakan oleh narator, kamu bisa langsung fokus membaca pertanyaan serta pilihan yang sudah dituliskan. Dengan cara tersebut, kamu tak perlu menghabiskan waktu untuk fokus membaca dan mendengar sekaligus pada saat pertanyaan dimulai.  Karena, perintah yang dibacakan narator sudah tertulis pada tes, jadi tidak perlu didengarkan agar kamu bisa mendapatkan lebih banyak informasi mengenai pertanyaan yang mungkin diberikan dan jawaban mana yang mungkin benar.

 

3. Kenali Structure Kalimat Pertanyaan

Menurut kalian bagian mana sih yang tersulit pada TOEFL? Dari pendapat beberapa orang, mereka mengatakan bagian structure dan written expression ialah yang tersulit. Kenapa dikatakan sulit? Karena bagian ini menyangkut kaidah kebahasaan atau grammar dalam bahasa Inggris. Tips dan trik untuk bagian ini banyak diajarkan saat kalian mengikuti kursus bahasa inggris untuk persiapan tes. Nah, salah satu cara mudah untuk bagian ini ialah dengan mengidentifikasi subject dan verb pada soal. Karena pada dasarnya, kalimat bahasa inggris akan selalu mempunyai subjek atau predikat (verb). Jika kamu mendapatkan pertanyaan yang kehilangan salah satu dari komponen tersebut, maka kamu bisa mencari komponen yang hilang tersebut pada pilihan jawaban.

Baca Juga : Lembaga Penyelenggara Les Toefl Online Dengan Metode Teruji

4. Perbanyak Kosakata

Tes listening biasanya adalah rekaman dari penjelasan seseorang di depan kelas. Nah, sedangkan reading, teks yang diberikan adalah teks akademis atau paper. Oleh sebab itu, kamu harus siap mempelajari kata-kata atau istilah yang sering di gunakan di bidang akademis. Dengan tips dan trik ini, kamu dapat lebih mudah mengidentifikasi dan mengartikan kata-kata yang  diberikan atau disebutkan.

 

5. Mempelajari Expressions dan idioms yang sering digunakan sehari-hari

Tips dan trik terakhir ini tak kalah penting, Expression dan Idioms merupakan frasa atau kalimat yang arti sebenarnya tak bisa diprediksi berdasarkan susunan katanya. Contohnya, seperti frasa “on the same page”. Bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia ialah “pada halaman yang sama” tetapi arti sebenarnya dari frasa tersebut “sepemikiran”. Jelas berbeda kan? Memahami expressions dan idioms dapat melalui kamus khusus ataupun dengan sering membaca.

Itu dia lima tips dan trik yang bisa kamu pakai untuk mendapatkan nilai lebih dari 500. Berikut adalah beberapa informasi tambahan yang mungkin saja kamu perlukan.

 

Tes TOEFL Online

Untuk mempermudah para peserta, sekarang tes TOEFL juga diselengarakan secara online. Golden English merupakan salah satu lembaga penyedia TOEFL online dengan jenis prediction. Tes TOEFL online dari Golden English ini bisa dipakai untuk keperluan dalam negeri, seperti persyaratan CPNS, BUMN, syarat skripsi, melamar kerja, dan lain sebagainya. Berhubung setiap instansi mensyaratkan jenis TOEFL yang berbeda-beda, sebaiknya kamu pastikan terlebih dahulu jenis TOEFL yang kamu butuhkan.

 

Baca Juga : Lembaga Penyedia Tes Toefl Online Terpercaya

 

Kursus Persiapan TOEFL

Sebelum kamu mengikuti tes TOEFL, kamu juga bisa mengikuti kursus persiapan TOEFL, mengikuti kursus TOEFL merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan skor TOEFL kamu. Bukan tanpa alasan, dengan mengikuti kursus, kamu akan langsung dilatih dan didampingi oleh seorang expert. Tak sampai disitu, dengan mengikuti kursus, kamu juga akan memperoleh fasilitas pendukung pembelajaran, seperti pre-test, konsultasi, modul, tes simulasi, bank soal, dan lain sebagainya.

 

Kalau kamu berkeinginan untuk mengikuti kursus TOEFL online ataupun kursus TOEFL offline, Golden English bisa menjadi salah 1 alternatif terbaik. Dengan pengalaman melayani lebih dari 20.000 peserta kursus (data Februari 2021), Golden English menjamin setiap peserta akan memperoleh kenaikan skor sesuai yang ditargetkan.  Para pengajar yang berpengalaman dan profesional siap membantu kamu mencapai target skor-mu.

Untuk informasi detail terkait program kursus Golden English, silakan kunjungi website Golden English atau WA CS kami di 0816 262 792.

Baca Juga : Lembaga Tes TOEFL di Jakarta Timur