fbpx

Guru Native Speaker atau Lokal? Mana yang Lebih Recommended?

Guru Native Speaker atau lokal? Mana yang Lebih Efektif

Guru Native Speaker atau lokal? Mana yang Lebih Efektif

Sadarkah kamu semenjak di bangku sekolah, kamu sudah dituntut untuk mampu berbahasa Inggris? Kira-kira apa ya alasannya? Jadi seperti yang diketahui, bahasa inggris adalah bahasa Internasional yang paling populer dan banyak dipakai. Selain itu, Bahasa Inggris juga mempunyai banyak sekali manfaat yang akan berguna sekali untuk kamu di kemudian hari. Misalnya untuk kebutuhan karir di dunia pekerjaan, sekolah, kuliah dan juga bisnis.

 

Manfaat belajar bahasa Inggris

Masih banyak sekali manfaat yang dapat kamu rasakan dari belajar Bahasa Inggris, apa sajakah itu? Yuk liat ulasannya!

Baca Juga :

1. Membuatmu Lebih Percaya Diri

Pasti kamu juga setuju kan bila kepercayaan diri akan semakin meningkat jika kamu mampu berbicara menggunakan bahasa Inggris dengan baik? Selain kamu akan tampak lebih keren, hal ini juga sangat bermanfaat untuk kamu saat berada di lingkungan pekerjaan.

Seperti yang kamu ketahui, kini ini mengirim email, presentasi, atau bahkan berkomunikasi banyak yang menggunakan bahasa inggris, bukan? Misalnya saat ini saja, wawancara pekerjaan banyak yang meminta untuk menggunakan bahasa inggris, lho!

Jadi, ketika kemampuan bahasa Inggrismu tidak maksimal, tentu ini akan menghambat banyak hal, seperti mendapatkan pekerjaan, dan juga jika akan bergabung di sekolah internasional di dalam ataupun di luar negeri.

 

2. Menambah Pengetahuan

Apakah kamu memiliki hobi membaca? Bila iya, sayang banget bila tidak memaksimalkan kemampuan bahasa Inggris, lho! Karena nyatanya, terdapat banyak sekali buku – buku yang sangat menarik untuk dibaca, namun hanya diterbitkan dalam bahasa Inggris saja. Dengan kamu tidak menguasai bahasa Inggris, maka buku yang bisa kamu baca tentunya menjadi terbatas.

Tak hanya itu, menguasai bahasa Inggris pastinya juga akan menambah pengetahuan-mu. Misalnya saja, ketika kamu ingin mengikuti seminar Internasional atau membuka video dari berbagai media sosial seperti Youtube dan Instagram yang hanya menyediakan subtitle bahasa Inggris, tentunya kamu akan sangat mudah memahaminya, bukan?

Hal ini juga cocok buat kamu yang ingin mengumpulkan data ataupun materi untuk kebutuhan kuliah, pekerjaan atau lainnya. Kamu bisa melihat banyak referensi dari artikel-artikel Internasional. Nah, hal ini akan cukup menyulitkan jika kamu tidak pandai berbahasa Inggris. Dan masih banyak lagi manfaat jika kamu dapat menguasai bahasa Inggris.

Apapun tujuan kamu, tentu ingin hasil yang maksimal, bukan? Nah, termasuk ketika kamu belajar bahasa Inggris. Tahukah kamu? salah satu faktor pendukung yang paling penting saat belajar bahasa Inggris ialah “guru”. Pada umumnya, lembaga kursus profesional menyediakan pengajar lokal dan juga pengajar native speaker.

 

Guru Native Speaker atau Guru Lokal, Mana Yang Lebih Efektif?

 

Guru Native Speaker

Jika diartikan per kata, native memiliki arti penduduk asli, sedangkan speaker ialah pembicara/orang yang berbicara. Secara sederhana, native speaker berarti pembicara/penutur bahasa asli. Dimana orang tersebut sejak lahir hingga besar telah menggunakan bahasa pertamanya tersebut. Native speaker bahasa Inggris adalah seseorang yang lahir di negara dengan bahasa resmi bahasa Inggris dan menggunakan bahasa inggris secara aktif. Dewasa ini, permintaan akan pengajar native speaker cukup tinggi. Tak heran, mengingat belajar dengan native speaker memberikanmu banyak sekali berbagai keuntungan. Ketika kamu belajar dengan native speaker langsung, pastinya kamu akan ‘dipaksa’ untuk berbicara bahasa inggris, dan cara ini dinilai cukup efektif untuk kamu yang ingin belajar speaking. Selain itu, native speaker memiliki tehnik pengucapan/pronunciation yang sempurna, ini menjadi kesempatan buat kamu bisa menirukan tehnik pronunciation yang diajarkannya. Selain mempelajari seputar tehnik berbahasa Inggris, pengajar native speaker juga bisa memberikan berbagai insight mengenai budaya dan pendidikan di negaranya. Sehingga, materi kursusmu tak hanya sebatas mempelajari modul, namun juga dapat menambah wawasan budaya negara lain. Kamu pasti setuju, bertukar cerita dengan orang yang berasal dari negara yang berbeda adalah hal yang seru!

Selain berbagai kelebihannya, kamu juga perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum kamu memilih untuk belajar dengan pengajar luar, misal: apakah kemampuan bahasa Inggrismu telah mencukupi untuk mampu berkomunikasi dengan mereka?. JIka kemampuan bahasa Inggrismu berada di tingkat lanjutan (intermediate), ini tentu akan mempermudah kamu dalam berinteraksi dengannya. Namun sebaliknya, jika kamu seorang basic learner, kamu mungkin akan merasakan tantangan dan effort lebih untuk dapat benar-benar memahami penjelasan pengajar.

Maka dari itu, sebelum memilih native speaker sebagai guru bahasa inggris kamu, pastikan dahulu apakah levelmu saat ini sudah memadai untuk berkomunikasi dengan mereka.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan ialah biaya. Pengajar native speaker tentu menawarkan biaya kursus lebih mahal dibandingkan pengajar lokal.

 

Guru Lokal

Lalu, bagaimana dengan guru lokal? Sebenarnya native speaker dan lokal juga keduanya sama-sama bagus kok! Apalagi saat ini guru lokal sudah banyak yang bisa berbahasa Inggris dengan sangat fasih dan tersertifikasi Internasional.

Apakah ada yang memiliki anggapan bahwa jika belajar Bahasa Inggis dengan guru lokal hasil yang kita dapatkan tidak maksimal ?

Tentu saja anggapan itu sangatlah tidak tepat. Karena keberhasilan saat mempelajari Bahasa asing lebih dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, seperti: intensitas praktik, lingkungan, konsistensi dan metode belajar yang digunakan.

Nah, justru bila kamu saat ini berada di level dasar atau baru memulai belajar bahasa Inggris, kamu lebih disarankan untuk belajar dengan guru lokal terlebih dahulu. Bukan tanpa alasan, guru lokal tentu dapat memaparkan dengan lebih mudah dimengerti. Kami mendapati beberapa cases, dimana para English learner di level starter merasa kesulitan saat belajar bahasa Inggris dengan native speaker. Di sisi lain, kami juga menemukan case, dimana English learners mendapatkan progress pembelajaran yang lebih maksimal saat ditangani seorang native speaker.  Intinya, pertimbangkan mana yang dapat membuat kamu lebih nyaman dan yakin. Baik pengajar lokal maupun native, selama mereka adalah guru yang terlatih dan profesional, maka mereka bisa memberikan impact positif bagi perkembangan skill bahasa Inggrismu.

Baca Juga :

Guru Native Speaker atau lokal? Mana yang Lebih Efektif

Kesimpulan

Itu dia hal yang perlu kamu ketahui ketika memilih antara guru native speaker atau guru lokal, keduanya mempunyai kelebihan tersendiri yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu, ya. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan hasil belajar yang lebih maksimal dengan pemilihan guru yang tepat.

Untuk kamu yang sedang mencari guru native speaker atau guru lokal, di Golden English menyediakan keduanya, lho! Jadi, kamu bisa memilih guru lokal saat masih berada di level dasar dan juga upgrade ke guru native speaker jika telah memasuki level lebih tinggi.  Golden English juga memiliki sistem belajar yang fun! Sehingga proses belajar kamu tidak membosankan. Golden English menyediakan kursus bahasa Inggris online dan juga offline. Untuk informasi kursus lengkap, silakan klik www.golden-course.com.