Lembaga Ujian TOEFL di Jakarta Pusat

Sertifikat TOEFL kini telah banyak dijadikan standar untuk mengukur kemampuan bahasa inggris seseorang. Kini, sudah menjadi hal lumrah, jika Anda melihat sertifikat TOEFL sebagai syarat untuk banyak kepentingan, seperti:

  1. kelengkapan dokumen CPNS
  2. kelengkapan dokumen beasiswa
  3. Mengurus skripsi
  4. melanjutkan S2

Dan masih banyak lagi

Bahkan jika Anda melihat lowongan-lowongan yang di publish oleh perusahaan swasta, tak sedikit yang mencantumkan sertifikat TOEFL sebagai syaratnya.

Kini, sertifikat TOEFL tak hanya dibutuhkan oleh orang-orang yang sedang mempersiapkan jenjang akademis lanjutan dan peningkatan karir saja. Dewasa ini, anak-anak SMA bahkan SMP pun sudah banyak yang mengikuti kursus persiapan TOEFL atau TOEFL Preparation. Para orang tua semakin mengerti pola persaingan di masa depan, sehingga mempersiapkan putra/i punya untuk mengenal dan menaklukkan soal-soal TOEFL adalah hal yang tak boleh terlewatkan.


Sedikit mengenal TOEFL

TOEFL singkatan dari Test Of English as a Foreign Language (Test Bahasa Inggris sebagai bahasa asing), yang dibuat oleh ETS (Educational Testing Service), sebuah lembaga di Amerika Serikat.

Untuk informasi tambahan, untuk TOEFL paper based test, ada 2 jenis test yang bisa Anda ikuti

  1. TOEFL ITP Test

TOEFL jenis ini diselenggarakan oleh perusahaan, lembaga kursus, perguruan tinggi, dll yang dalam penyelenggaraannya berafiliasi langsung dengan ETS, pusat TOEFL dan pemegang merk TOEFL di Amerika. Sertifikat TOEFL jenis ini dapat digunakan di negara manapun, karena dikeluarkan oleh pusat.

  1. TOEFL Prediction Test

Adalah test yang diadakan oleh Kursus pendidikan yang tidak berkaitan langsung ETS (pusat). Karena test ini disebut dengan TOEFL Prediction Test. Terkait soal dan sistem penilaian, Prediction Test mengacu sepenuhnya kepada prosedur TOEFL yang berlaku. Sehingga, biasanya skor yang Anda dapatkan baik ITP, maupun Prediction tidak jauh berbeda. TOEFL Prediction test juga dikenal dengan EPT atau English Proficiency Test (Tes kecakapan berbahasa Inggris), dimana sertifikat yang Anda dapatkan dari test ini tetap memiliki value dan legalitas untuk digunakan di dalam negeri. Perlu Anda ketahui, lembaga yang dapat mengeluarkan sertifikat ini, adalah lembaga yang telah terdaftar di Kementerian Pendidikan R.I.

“Jadi, sebaiknya Anda mengambil test yang pertama atau kedua?”

Mungkin itu adalah pertanyaan Anda saat ini,

Jawabannya, tentu menyesuaikan dengan keinginan Anda. Yang pasti, dua-duanya memiliki value dan legalitas. Jika kebutuhan Anda adalah untuk kepentingan akademis ataupun karir di dalam negeri, misal: melamar kerja di perusahaan, melanjutkan kuliah, syarat skripsi, syarat CPNS, dll. Prediction Test bisa menjadi pilihan Anda. Mengapa kami merekomendasikan prediction test untuk jenis kebutuhan tersebut?

  1. TOEFL Prediction test lebih terjangkau dari TOEFL ITP

Perbedaan harga bisa sampai 6 kali lipat, lho. Lumayan banget, kan? Ngirit. Hehe

  1. Jadwal pelaksanaan TOEFL Prediction test lebih fleksibel

Jika Anda memiliki banyak kesibukan, test ini akan lebih memudahkan Anda. Karena diadakan langaung oleh lembaga kursus dan tidak terikat dengan lembaga ETS di Amerika, maka, jadwal test TOEFL Prediction mengikuti hari dan jam operasional lembaga kursus.

Baca Juga Artikel :
Biaya Kursus Bahasa Inggris di Bekasi
10 Tips Sangat Ampuh Memilih Tempat Kursus Bahasa Inggris
Materi Tentang Bahasa Inggris

  1. Sertifikat lebih cepat keluar

Bagi Anda yang membutuhkan sertifikat TOEFL secara mendesak, misal Anda harus menyiapkan berkas dalam 3 hari, sementara Anda belum mempersiapkan apapun, maka Anda bisa mengikuti TOEFL prediction test, dan biasanya sertifikat bisa keluar dalam jangka waktu 1-3 hari saja, berbeda dengan ITP yang membutuhkan waktu 1 minggu.

  1. Soal-soal cenderung lebih dipahami

Lebih familiar bukan berarti lebih mudah, ya hehe. Soal TOEFL prediction test biasanya kombinasi dari soal-soal yang pernah ditestkan, soal-soal buatan lembaga dan soal-soal dari buku TOEFL. Nah, jika Anda sempat, Anda bisa memahami terlebih dahulu soal-soal TOEFL. Bisa melalui internet ataupun buku. Hal ini tentu akan lebih memudahkan Anda dan membuat Anda lebih siap saat berhadapan dengan soal-soal TOEFL.

Hal-hal yang mesti Anda lakukan sebelum memutuskan mengikuti test TOEFL:

  1. Persiapan

Tanpa persiapan, skor Anda bisa jadi hanya “ala kadarnya”. Bisa-bisa sertifikat TOEFL dengan skor kecil hanya akan menurunkan value Anda. Nah, pastikan Anda melakukan persiapan sebelum test. Misal, mengikuti kursus TOEFL, membaca buku-buku TOEFL, atau searching mengenai topik-topik terkait.

 

  1. Hindari negative thinking

Saat memutuskan mengambil test TOEFL, Anda biasanya akan dihantui rasa cemas mengenai skor yang akan Anda peroleh. Hal lumrah memang, tapi jangan sampai berlebihan, sehingga mengurangi konsentrasi Anda. Yakin dan positive thinking saja, bahwa skor yang akan Anda peroleh akan sesuai harapan.

 

  1. Hindari cara curang

Cara curang biasanya ditempuh oleh orang-orang yang menginginkan hasil bagus dengan cara instant. Hati-hati, guys, selain masalah kejujuran dan keberkahan, hal ini juga bisa menjadi boomerang untuk Anda. Pernah ada cerita seorang manager HRD yang menginterview calon pekerja dengan skor TOEFL 550, saat diinterview menggunakan bahasa Inggris, sang pelamar sangat gugup, bahkan tak keluar satu katapun. Sehingga manager ini kebingungan, bagaimana bisa seseorang dengan skor TOEFL 550 tapi sama sekali tak mampu berbahasa Inggris. Hingga akhirnya si pelamar jujur, bahwa sertifikat TOEFL ia peroleh dari “membeli dan memesan skor yang diinginkan”.

 

Tentu kami menginginkan, hal ini tidak terjadi kepada Anda.

 

Hindari hal ini, keberkahan dan kejujuran tetap akan membuat Anda lebih bermartabat.

 

So, kita masuk ke pembahasan inti, “dimana Anda bisa mengambil TOEFL Test Prediction?”

Bagi Anda yang tinggal di area Jakarta Timur, Bekasi dan Jakarta Selatan, mengambil TOEFL Prediction Test di Golden English bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Alasannya?

 

  1. Biaya test sangat terjangkau, hanya Rp 150.000
  2. Anda bisa test kapanpun, dengan hari dan jam yang Anda tentukan sendiri
  3. Kami menyediakan kursus persiapan singkat sebelum test, untuk memungkinkan Anda mendapat skor lebih baik
  4. Sertifikat resmi dari Kementerian Pendidikan R.I
  5. Sertifikat jadi dalam 1 hari

 

Jika Anda ingin mengikuti kursus TOEFL, klik disini

Jika Anda ingin mengikuti Test TOEFL, klik disini

1
Hallo, Selamat Datang di Website Resmi Golden English Course Kursus Bahasa Inggris Berkualitas Terjangkau dan Bersertifikat, ada yang bisa kami bantu ?
Powered by