fbpx

Now Everyone Can Speak English

Past Perfect Tense: Pengertian, Penggunaan, Rumus dan Contoh

Daftar Isi

past perfect tense
Untuk menguasai kemampuan berbahasa Inggris, ada banyak materi yang harus kamu pahami terlebih dahulu. Yang paling mendasar adalah menguasai grammar bahasa Inggris. Hal ini tentunya akan membantu kamu untuk menguasai kemampuan bahasa yang lainnya.

Mungkin buat kamu menguasai grammar bahasa Inggris terkesan sulit karena ada 16 tenses yang harus kamu pelajari. Terlebih grammar bahasa Inggris berbeda dengan bahasa Indonesia. Ada penyesuaian-penyesuaian tertentu dengan konteks kalimat yang ingin kamu sampaikan.

Tapi nggak perlu khawatir. Hal itu sebenarnya cukup wajar. Karena kamu adalah seorang English Learner, jadi membuat kesalahan atau merasa kebingungan adalah hal yang pasti terjadi. Yang penting kamu cukup mempelajari terus menerus dan banyak berlatih.

Kali ini kami akan membahas materi bahasa Inggris tentang grammar past perfect tense. Apa yang dimaksud dengannya? Mari simak artikel berikut!

Baca Juga: Past Continuous Tense: Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat 

Pengertian Past Perfect Tense

Sebelumnya kamu mungkin sudah belajar tentang simple past tense, yaitu suatu struktur bahasa Inggris yang digunakan untuk menjelaskan atau mengacu pada aksi, peristiwa atau tindakan yang selesai di masa lampau. Tapi gimana ya jadinya kalau kamu mau buat kalimat yang keadaannya terjadi di masa lalu juga sebelum kalimat simple past tense?

Misalnya kamu ingin buat kalimat seperti ini, “Sebelum aku bekerja, Andre sudah tertidur pulas.” Terdapat dua kejadian di masa lalu, yaitu subjek “aku” yang bekerja dan subjek “Andre” yang tertidur. Tapi kejadian subjek Andre sudah selesai sebelum tindakan subjek aku, yang membuatnya menjadi urutan peristiwa di masa lalu.

Gimana cara buatnya di kalimat bahasa Inggris ya?

Nah, contoh kalimat yang kamu baca tadi merupakan contoh dari past perfect tense. Jadi past perfect tense adalah struktur grammar dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menjelaskan tindakan, peristiwa, kondisi atau aksi yang telah selesai di masa lampau.

Contoh kalimat past perfect tense yang menggambarkan dua kejadian di masa lampau adalah sebagai berikut:

  • Before I worked, Andre had already slept. (Sebelum aku bekerja, Andre sudah tertidur.)
  • By the time Gina arrived, Susan had cooked. (Saat Gina sampai, Susan sudah memasak.)
  • Julian had finished his homework before playing baseball. (Julian sudah mengerjakan PR-nya sebelum bermain bisbol.)
  • I had eaten my breakfast before I went to school. (Aku sudah sarapan sebelum pergi ke sekolah.)
  • She had finished her work before she went home. (Dia sudah menyelesaikan pekerjaannya sebelum pulang ke rumah.)
  • They had visited the museum before they went to the park. (Mereka sudah mengunjungi museum sebelum pergi ke taman.)

 

past perfect tense

Pembentukan Past Perfect Tense

Ketika kamu membuat kalimat past perfect tense yang berupa kalimat positif, maka kamu harus menyusunnya dengan rumus berikut ini:

Subject + had + past participle (verb 3)

Peter had gone to school before his sister woke up. (Peter sudah pergi ke sekolah sebelum saudarinya bangun.)

Kalau kalimatnya berbentuk kalimat negatif, maka tambahkan “not” setelah “had”. Kamu juga bisa membuatnya lebih singkat dengan menulis “hadn’t”. Berikut rumusnya:

Subject + had + not + past participle (verb 3)

Subject + hadn’t + past participle (verb 3)

Nana hadn’t woken up after we arrived in the afternoon. (Nenek belum bangun sebelum kami tiba di sore hari.)

Sedangkan kalau kalimat yang kamu buat merupakan kalimat tanya atau kalimat interogatif, kamu harus menyimpan “had” sebelum “subject”. Berikut rumusnya:

Had + subject + past participle (verb 3)

Had the students completed their work before the teacher asked? (Apakah para murid sudah menyelesaikan tugas mereka sebelum ditanya oleh guru?)

Namun terdapat hal yang harus kamu pahami terkait past perfect tense. Kamu nggak bisa menulis kalimat hanya dengan past perfect tense saja. Tapi kamu juga harus membuat kalimat simple past tense-nya. Karena past perfect tense sendiri menggambarkan dua kejadian atau peristiwa di masa lalu secara berurutan.

Misalnya kamu menulis “He had gone.” maka kalimat yang kamu buat salah. Kamu harus menambahkan sebuah kejadian di masa lampau agar kalimat yang kamu buat menjadi benar. Misalnya, “He had gone before I said goodbye.”

 

past perfect tense

Fungsi dan Penggunaan Past Perfect Tense

Membicarakan Suatu Titik Tertentu di Masa Lalu

Ternyata, penggunaan past perfect tense nggak hanya untuk menggambarkan dua kejadian di masa lalu saja. Tapi juga bisa digunakan untuk membicarakan suatu titik tertentu di masa lalu. Misalnya seperti kalimat-kalimat berikut ini:

  • She had finished her first short story by the time she was nine. (Dia telah menyelesaikan cerita pendek pertamanya saat dia berusia Sembilan tahun.)
  • We had finished all the water before we were halfway to the town. (Kami telah menghabiskan semua air sebelum kami setengah jalan ke kota.)
  • Had the parcel arrived when you came home yesterday? (Apakah paketnya sudah sampai saat kamu sampai di rumah kemarin?)
  • Before Ted passed the valley, he had already exhausted. (Sebelum Ted melewati lembah, dia sudah kelelahan.)
  • By the time Alex turned 18, she had already lived alone. (Saat Alex berusia 18 tahun, dia sudah hidup sendirian.)

Menggambarkan Ungkapan If Condition

Selain untuk menjelaskan urutan kejadian di masa lampau dan membicarakan suatu titik tertentu di masa lalu, past perfect tense juga bisa digunakan untuk menggambarkan ungkapan if condition. Berikut contoh kalimatnya:

  • If I had not brought my work to the class, I would be grounded. (Kalau aku tidak membawa pekerjaanku ke kelas, aku akan dihukum.)
  • If Jimmy had woken up early, he would have caught the train. (Kalau Jimmy bangun lebih awal, dia akan bisa mengejar kereta.)
  • If we had brought raincoats, we wouldn’t have caught in the rain. (Kalau kita membawa jas hujan, kita tidak akan terkena hujan.)
  • If I hadn’t ran, I wouldn’t made it to the class. (Kalau aku tidak lari, aku tidak akan sampai ke kelas.)
  • If Bob had studied hard, he would’ve passed the test. (Kalau Bob belajar dengan giat, ia akan lulus tes.)

Membuat Sebuah Kesimpulan

Past perfect tense juga bisa digunakan untuk membuat sebuah kesimpulan mengenai sebuah tindakan atau peristiwa di masa lalu. Maksudnya adalah suatu peristiwa atau kejadian yang telah selesai di masa lalu memiliki pengaruh pada tindakan atau peristiwa yang terjadi kemudian. Berikut adalah contoh kalimatnya dalam bahasa Inggris:

  • Jack had studied hard, so he passed the exam. (Dia telah belajar dengan tekun, sehingga dia lulus ujian.)
  • Luna had trained for months, so she won the competition. (Luna telah berlatih selama berbulan-bulan, sehingga dia memenangkan kompetisi.)
  • Willy hadn’t eaten well for days, so he got sick. (Willy tidak makan dengan baik selama berhari-hari, sehingga dia sakit.)
  • Jackson hadn’t come to school for days, so he missed all the studies. (Jackson tidak masuk sekolah berhari-hari, sehingga dia melewatkan semua pembelajaran.)
  • Dina hadn’t worn any gloves, so her hands got frozen. (Dina tidak mengenakan sarung tangan, sehingga tangan-tangannya membeku.)

Nah itulah penjelasan mengenai past perfect tense yang perlu kamu ketahui. Kamu cukup menghafal bentuk past participle untuk mengetahui perubahan bentuk kata kerja, juga mengetahui konteks kalimat yang kamu buat. Pastikan untuk memahami simple past tense juga terlebih dahulu agar kamu semakin paham dasar dari pembuatan kalimat past perfect tense. Jangan lupa untuk banyak latihan bahasa Inggris sehari-hari!

Supaya kamu mahir berbahasa Inggris, jangan lupa untuk terus belajar terus tentang grammar bahasa Inggris khususnya di tenses. Jika kamu membutuhkan bantuan, yuk kursus IELTS online di Golden English! Dengan kursus IELTS online, kamu bisa mengembangkan kemampuan bahasa Inggris dengan mudah dan cepat. Selamat belajar!

Referensi:

Gunner, Jennifer. ND. Past Perfect Tense: Examples, Definition, and Rules. (online) https://examples.yourdictionary.com/past-perfect-tense-examples.html [accessed on 14 March 2023]

British Council. ND. Past Perfect. (online) https://learnenglish.britishcouncil.org/grammar/b1-b2-grammar/past-perfect [accessed on 14 March 2023]

Grammarly. ND. Past Perfect Tense. (online) https://www.grammarly.com/blog/past-perfect/ [accessed on 14 March 2023]

 

Muhammad Azka Rais

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.
Muhammad Azka Rais

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.