fbpx

Past Continuous Tense: Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat 

Past Continuous Tense

Kamu pasti pernah mendengar tentang tenses di bahasa Inggris, salah satunya adalah Past Continuous Tense. Bagi kamu yang belum paham tentang hal ini, gak usah bingung lagi! Di artikel kali ini, kamu akan diajak untuk mengenal lebih jauh tentang Past Continuous Tense.

Meskipun terdengar sepele, tapi Past Continuous Tense ini punya peran yang cukup penting di dalam bahasa Inggris. Dengan memahami dan menggunakan Past Continuous Tense dengan benar, kamu bisa lebih mudah untuk mengekspresikan maksud dan tujuanmu.

Kamu pasti penasaran kan, apa itu Past Continuous Tense dan Bagaimana Cara menggunakannya? Yuk, simak lebih jauh informasi tentang Past Continuous Tense di artikel ini! Past Continuous Tense ini bisa jadi salah satu senjatamu untuk menguasai bahasa Inggris dan membuatmu makin kece abis!

Baca Juga: Adverb of Frequency: Pengertian, Jenis, Beserta Contoh Kalimat

1. Pengertian Past Continuous Tense

Kamu pasti sering bingung ngebahas hal-hal yang berhubungan dengan tenses, bukan? Nah, Past Continuous Tense nggak Cuma bisa jadi bahan pembahasan di kelas bahasa Inggris, tapi juga bisa jadi salah satu cara kreatif kamu untuk ekspresi. Kebayang nggak sih, kalau kamu bisa menggunakan Past Continuous Tense untuk mengungkapkan maksud kamu?

Past Continuous Tense adalah salah satu jenis tenses yang digunakan untuk menggambarkan kegiatan yang berlanjut di masa lampau. Biasanya, tenses ini untuk menggambarkan kegiatan yang sedang berlangsung pada suatu waktu tertentu di masa lalu.

Past Continuous Tense bisa dibandingkan dengan Simple Past Tense dan Present Continuous Tense. Simple Past Tense digunakan untuk menggambarkan kegiatan yang sudah selesai di masa lampau, sedangkan Present Continuous Tense digunakan untuk menggambarkan kegiatan yang sedang berlangsung. Jadi, jika kamu ingin menggambarkan kegiatan yang sedang berlanjut di masa lampau, kamu bisa menggunakan Past Continuous Tense.

Past Continuous Tense

2. Rumus Past Continuous Tense

Buat kamu yang masih pusing dengan rumus past continuous tense, cobalah deh lihat cara mudah belajar tenses yang bisa bikin kamu bisa menguasai materi ini dengan cepat. Past continuous tense adalah salah satu dari tenses yang sering digunakan dalam bahasa Inggris, karena biasanya digunakan untuk menceritakan suatu kejadian yang tengah berlangsung.

Tapi, kamu gak perlu bingung atau pusing nih, karena rumus past continuous tense ini cukup simple. Cara termudah untuk mengingatnya adalah dengan mengikuti rumus berikut:

Pertama, kamu harus menggunakan bentuk kata kerja “to be” yaitu was/were.

Setelah itu, tambahkan kata kerja bentuk –ing.

Contoh:

Was/Were + V-ing (kata kerja bentuk –ing)

Contoh kalimatnya:

We were chatting and laughing for hours, and then suddenly, I was so tired that I just went straight to sleep. (Kami mengobrol dan tertawa selama berjam-jam, dan kemudian tiba-tiba, saya sangat lelah sehingga saya langsung tidur.).

Jadi, kamu cukup mengikuti rumus di atas untuk membuat kalimat past continuous tense. Selain itu, kamu juga bisa belajar dan menghafal kata kerja yang sering digunakan dengan past continuous tense.

Baca Juga: Bahasa Inggris: definisi, Jenis, dan Contoh Kalimat Part of Speech

3. Contoh Kalimat Past Continuous Tense

Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan Past Continuous Tense:

Contoh kalimat Positive:

  • They were playing soccer in the field when I arrived. (Mereka sedang bermain sepak bola di lapangan saat saya tiba.)
  • I was cooking dinner when my friend came over. (Saya sedang memasak makan malam saat teman saya datang.)
  • She was practicing the piano when her mother came home. (Dia sedang berlatih piano saat ibunya pulang.)

Contoh kalimat Negative:

  • They were not playing soccer in the field when I arrived. (Mereka tidak sedang bermain sepak bola di lapangan saat ada saya.)
  • I was not cooking dinner when my friend came over. (Saya tidak sedang memasak makan malam saat teman saya datang.)
  • She was not practicing the piano when her mother came home. (Dia tidak sedang berlatih piano saat ibunya pulang.)

Contoh kalimat Question:

  • Were they playing soccer in the field when you arrived? (Apakah mereka sedang bermain sepak bola di lapangan saat anda tiba?)
  • Were you cooking dinner when your friend came over? (Apakah anda sedang memasak makan malam saat teman anda datang?)
  • Was she practicing the piano when her mother came home? (Apakah dia sedang berlatih piano saat ibunya pulang?)

Past Continuous Tense

4. Fungsi Past Continuous Tense

Dalam membuat kalimat Past Continuous Tense, keterangan waktu merupakan salah satu poin penting yang harus dipenuhi. Fungsi tense di antaranya, yaitu:

  1. Untuk menyatakan sesuatu yang sedang terjadi atau dilakukan pada waktu tertentu di masa lalu.

Contohnya:

Yesterday at this time I was sitting at my desk at work. (Kemarin saat ini saya sedang duduk di meja saya di kantor.)

  1. Untuk mengungkapkan dua kejadian yang sedang terjadipada waktu yang bersamaan di masa lalu.

Contohnya:

I was doing my homework while my brother was playing games last night. (Saya sedang mengerjakan tugas saya sementara adik saya sedang bermain game tadi malam.)

  1. Untuk mengungkapkan kejadian yang sedang terjadi ketika kejadian lain mulai terjadi di masa lalu.

Contohnya:

I was doing my homework when my mom koncked on the door last night. (Saya sedang mengerjakan tugas saya saat ibu saya mengetuk pintu tadi malam.)

Baca Juga: Pengertian Dan Contoh Kalimat Subordinating Conjunction

Nah, itu dia penjelasan tentang Past Continuous Tense yang pastinya sudah bikin kamu jauh lebih paham tentang bagaimana cara menggunakan dan menyusun kalimatnya. Sekarang, kamu bisa menggunakan Past Continuous Tense dengan lebih mudah dan lancar. Jangan lupa untuk mencoba berbicara dan menulis dengan menggunakan bentuk tense ini untuk mengasah kemampuan berbahasa kamu ya!

Demikian pembahasan mengenai tenses yang satu ini, semoga informasi ini bermanfaat untuk membantu menambah wawasanmu mengenai tenses. Jika mengalami kesulitan lagi dalam memahami tenses-tenses lainnya, segeralah mencari solusinya. Salah satu solusinya yaitu dengan mengikuti kursus bahasa Inggris di Golden English, langsung saja daftar melalui Whatsapp di 0816-251-154 atau melalui telepon di 021-22846193 / 021-85503106. Disana kamu dapat lebih memaksimalkan serapan ilmu bahasa Inggris dari instruktur yang sudah berpengalam. Yuk, jangan ragu untuk mendaftar ke Golden English