fbpx

Now Everyone Can Speak English

Ingin Daftar Beasiswa LPDP 2024? Yuk Simak 10 Persiapan LPDP Ini!

Daftar Isi

10 Persiapan LPDP

Sudah sejauh mana persiapan LPDP 2024 mu? Apakah mimpimu untuk kuliah di luar negeri ingin segera terwujud? Tentu mimpi kamu merupakan mimpi banyak orang, karena berkuliah di luar negeri bisa berpeluang besar untuk meraih kesuksesan yang lebih besar.

Kamu bisa jadi mengembangkan karir di luar negeri dan menjadi seseorang yang kamu impikan. Ada banyak cara agar kamu bisa berkuliah di luar negeri, salah satunya adalah dengan memanfaatkan beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Indonesia, seperti Beasiswa LPDP.

Nah tentu saja, sebelum mendaftar Beasiswa LPDP di tahun 2024, bulan Juni nanti, kamu harus melakukan persiapan terlebih dahulu, karena ada ribuan orang yang ingin mendaftar LPDP dan kamu harus bersaing dengan mereka.

Oleh karena itu, agar kamu lolos, kamu harus memiliki persiapan yang matang. Yuk pelajari persiapan apa saja yang harus kamu lakukan untuk mendaftar Beasiswa LPDP 2024.

Apa Itu LPDP?

LPDP merupakan salah satu beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Indonesia. Beasiswa LPDP adalah beasiswa yang didanai oleh kementrian keuangan melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional.

Beasiswa LPDP ditujukan untuk pembiayaan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral di Perguruan Tinggi terbaik di dalam dan di luar negeri.

Siapa yang Bisa Mendaftar Beasiswa LPDP?

Sasaran pelamar beasiswa LPDP ini adalah Warga Negara Indonesia yang memenuhi persyaratan, memiliki keinginan untuk melanjutkan studi program Magister atau program Doktoral, dan memiliki rencana kontribusi untuk kemajuan Indonesia pasca studi.

Kamu dapat melakukan pendaftaran beasiswa LPDP dengan online, dengan mengisi formular pendaftaran, kemudian mengunggah dokumen-dokumen yang dibutuhkan pada laman resmi LPDP.

Baca Juga:  Ingin Kuliah di Luar Negeri? Simak 5 Tips Lolos Seleksi Beasiswa IISMA

Program Beasiswa LPDP

Terdapat beberapa program-program beasiswa LPDP, yaitu sebagai berikut:

Reguler Scholarship 

  • Beasiswa Reguler
  • Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD)
  • Beasiswa Parsial

Targeted Scholarship 

  • Beasiswa PNS, TNI, POLRI
  • Beasiswa Kewirausahaan
  • Beasiswa Pendidikan Kader Ulama
  • Beasiswa Dokter Spesialis dan Subspesialis
  • Beasiswa Talenta Riset dan Inovasi Nasional
  • Beasiswa Prioritas LPDP – NTU Program MBA
  • Beasiswa Prioritas LPDP – NTU Program Doktor
  • Beasiswa Priortias LPDP – Campus France Program Master
  • Beasiswa Prioritas LPDP – UC Davis Program Doktor
  • Beasiswa Prioritas LPDP – UNSW Program Doktor
  • Beasiswa Prioritas Diktiristek-LPDP-OKP Program Master
  • Beasiswa Prioritas LPDP – NUS Program Master Bidang Kewirausahaan

Afirmasi Scholarship

  • Beasiswa Penyandang Disabilitas
  • Beasiswa Putra-putri Papua
  • Beasiswa Daerah Afirmasi
  • Beasiswa Prasejahtera

10 Persiapan LPDP yang Wajib Kamu Ikuti

Apa aja sih 10 persiapan yang wajib kamu lakukan sebelum kamu daftar beasiswa ini? Ini dia jawabannya!

1. Memahami Berbagai Macam Informasi Terkait LPDP

Hal paling pertama yang harus kamu lakukan untuk persiapan LPDP adalah memahami berbagai macam informasi terkait beasiswa tersebut. Mulai dari persyaratan, proses seleksi, hingga jenis-jenis pertanyaan yang sekiranya diajukan pada tahapan wawancara.

2. Kembangkan Diri Secara Akademis dan Profesional

Agar kamu terlihat menonjol dibandingkan dengan pelamar lainnya, kamu harus memiliki nilai dan pengalaman belajar yang baik dan signifikan, serta aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler yang searah dengan bidang studi atau kepentingan sosial.

3. Menyusun Rencana Studi dan Karier yang Jelas

Salah satu hal yang dapat membuatmu menonjol daripada peserta LPDP adalah memiliki visi dan misi yang sejalan dengan LPDP itu sendiri. LPDP memiliki tujuan untuk melaksanakan pembangunan nasional. Oleh karena itu, buatlah rencana studi dan karier yang menuju ke arah yang sama juga.

4. Miliki Pengalaman Organisasi dan Kepemimpinan

Selain poin nomor 3, kamu juga sebaiknya menunjukkan bahwa kamu terlibat secara aktif dalam sebuah organisasi. Baik itu di tingkat lokal maupun tingkat nasional.

Ketika mendaftar LPDP pengalamanmu berorganisasi dan memimpin serta mengelola sebuah proyek bisa menjadi nilai tambah dalam seleksi LPDP.

5. Miliki Kemampuan Bahasa Inggris yang Baik

Tentu saja mampu berbahasa Inggris bukan hanya agar bisa berkuliah di luar negeri saja. Meskipun kamu mengambil program Magister atau Doktoral di dalam negeri, sumber belajarmu bisa lebih luas, yaitu dengan mengambil sumber belajar berbahasa Inggris.

Selain itu, kamu juga bisa membuat esai atau artikel berbahasa Inggris yang layak untuk dilombakan di tingkat internasional. Oleh karena itu, milikilah kemampuan bahasa Inggris yang baik, baik itu tulisan maupun lisan.

Baca Juga: Catat! Ini Minimum Skor IELTS untuk LPDP 2024

6. Miliki Pengetahuan yang Dalam Terkait Hal yang Relevan

Pelajarilah topik-topik atau isu-isu terkini yang relevan dengan bidang studi yang akan kamu ambil nanti. Karena dalam seleksi LPDP kamu mungkin akan dihadapkan dengan diskusi grup yang membahas isu terkini.

Nah, karena itu, penting untuk memahami topik dan isu yang sedang terjadi di Indonesia agar kamu bisa turut aktif dalam diskusi.

7. Asah Keterampilan Wawancara

Salah satu tahapan seleksi LPDP yang harus kamu tempuh adalah seleksi wawancara. Maka dari itu, kamu sebaiknya melakukan latihan wawancara dengan orang-orang yang sudah berpengalaman sebelumnya.

Kamu juga bisa belajar dengan bimbingan seorang mentor agar kamu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan wawancara dengan baik.

8. Miliki Kemampuan Menulis Esai dengan Baik

Nah, salah satu tugas yang harus kamu berikan saat mendaftar seleksi beasiswa LPDP adalah menulis esai terkait rencana studi.

Esai yang kamu buat ini akan menunjukkan kualitas kepemimpinan, motivasi dan kontribusi potensialmu nanti untuk negeri. Selain itu, kamu harus membuatnya dengan informasi yang jelas. Serta terdapat juga rencana setelah mendapatkan beasiswa.

Oleh karena itu, milikilah kemampuan menulis esai dengan baik, dengan cara sering-sering latihan menulis esai. Kamu bisa meminta bantuan kepada orang yang sudah berpengalaman untuk berdisuksi terkait esai yang kamu buat sebelum kamu mengirimkannya untuk seleksi LPDP.

9. Memantapkan Jaringan dan Rekomendasi

Selain mengumpulkan berkas, tugas dan mengikuti wawancara, kamu bisa berpeluang besar menjadi salah satu kandidat terbaik untuk mendapatkan beasiswa LPDP melalui rekomendasi yang kuat.

Rekomendasi ini harus menggambarkan potensi dan kontribusimu dengan baik. Nah, rekomendasi yang tersebut ialah rekomendasi yang dari profesor, atasan, atau tokoh penting.

10. Siapkan Dirimu Secara Mental dan Emosional

Karena seleksi beasiswa LPDP ini sulit dan memaksamu harus bersaing dengan ribuan peserta, buatlah dirimu siap secara mental dan emosional. Tetap fokus dalam menghadapi berbagai proses seleksi.

Tentunya, agar bisa lolos seleksi LPDP, kamu harus memenuhi salah satu syaratnya, yaitu memiliki sertifikat berbahasa Inggris dengan skor yang tinggi. Sertifikat ini bisa berupa TOEFL atau IELTS.

Supaya kamu bisa mendapatkan skor yang tinggi, sebaiknya kamu mencari lembaga kursus yang memberikan program persiapan ujian TOEFL atau program persiapan IELTS.

Nah tadi 10 Persiapan LPDP yang sebaiknya kamu ikuti, kalau kamu ingin memilih tempat kursus persiapan tes bahasa Inggris yang tidak akan mengecewakanmu, pilihlah tempat kursus Golden English!

Baca Juga: Yuk Kenali Informasi Tentang Beasiswa LPDP Prasejahtera!

Sedikit berbeda dengan lembaga kursus lainnya, Golden English memiliki beberapa kelebihan yang mungkin tidak kamu dapatkan di lembaga kursus lain. Yaitu Golden English Application (GEA) yang bisa memantau proses belajarmu.

Selain itu di dalamnya terdapat kelas gratis khusus grammar dan speaking agar kamu dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu dengan maksimal. Cocok untukmu yang memiliki skor tes impian.

Golden English juga merancang kurikulum se-efektif mungkin agar para peserta dapat memahami setiap sesi materi secara utuh dan optimal. Terdapat juga pengarahan, pendampingan dan simulasi secara intensif dan efektif.

Selain mendapatkan pembelajaran dan pendampingan kelas persiapan intensif, setiap peserta kursus Golden English juga dapat mengikuti pre-test dan simulation test masing-masing uji kemampuan bahasa Inggris untuk melihat kemampuan awal dan akhir peserta.

Menariknya, jika peserta tidak mengalami peningkatan skor dari pre-test hingga simulation test, peserta berhak mengikuti pengulangan kelas kursus persiapan secara gratis. Sehingga kamu bisa memiliki jaminan skor yang tinggi jika memilih kursus di Golden English.

Kamu bisa mendaftar persiapan tes TOEFL di kelas ini, dan tes IELTS di kelas ini. Tapi jika kamu ingin mendaftar persiapan tes TOEIC, kamu bisa mendaftar di kelas ini.

cta

Teguh Gunawan

Teguh Gunawan

Digital Marketing Enthusiast who's passionate about SEO, Content Writing, and Copywriting.
Teguh Gunawan

Teguh Gunawan

Digital Marketing Enthusiast who's passionate about SEO, Content Writing, and Copywriting.