fbpx

Now Everyone Can Speak English

Gampang! Cara Membuat Surat Rekomendasi LPDP 2024 Tahap 2

Daftar Isi

Apakah kamu sudah siap menyambut tanggal 19 Juni 2024 nanti? Atau belum karena kamu masih bingung untuk menulis surat rekomendasi Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2024 sebagaimana yang disyaratkatkan oleh penyelenggara LPDP.

Perlu kamu ketahui bahwa surat rekomendasi menjadi salah satu ketentuan sekaligus persyaratan wajib yang harus kamu lampirkan saat kamu mendaftar Beasiswa LPDP 2024 tahap 2 tanggal 19 Juni nanti.

Nah, kamu nggak perlu khawatir dan tak perlu bingung lagi untuk menentukan langkah awal dalam membuat surat rekomendasi Beasiswa LPDP 2024. Sebab di artikel ini, kamu akan memahami cara membuatnya dari awal hingga akhir untuk membuat surat rekomendasi tersebut.

Surat Rekomendasi LPDP itu Apa?

surat rekomendasi lpdp

Surat rekomendasi Beasiswa LPDP merupakan sebuah dokumen yang harus ditulis oleh seseorang yang mengenal kamu dengan baik secara profesional atau akademis, seperti rektor, dosen, teknik akademisi, supervisor, ataupun manager di tempat kamu bekerja.

Adapun adanya surat ini bertujuan untuk memberikan penilaian objektif mengenai karakter, kualifikasi, dan potensi yang kamu miliki sebagai penerima beasiswa LPDP 2024. Selain itu, surat ini wajib diberikan kepada 2 orang yang mengenali kemampuan dan potensimu sebelum kamu submit form pendaftaran.

Nah, pemberi rekomendasi ini sangat penting karena dapat memberikan perspektif pihak ketiga tentang keterampilan dan prestasi yang kamu miliki selama berkuliah atau bekerja. Oleh karena itu, surat rekomendasi bisa menjadi nilai plus dalam proses seleksi Beasiswa LPDP 2024.

Tips Meminta Surat Rekomendasi LPDP 2024

Catat dan terapkan tips bijak di bawah ini ya.

1. Pilih Pemberi Rekomendasi yang Sesuai

Hal pertama yang harus kamu lakukan ialah memilih rekomendator, seperti tokoh masyarakat atau tokoh akademik yang telah mengenal Anda secara penuh dalam konteks akademis atau profesional. Dengan demikian, rekomendator kamu akan lebih mudah menjelaskan secara rinci di surat rekomendasi tersebut.

2. Hubungi Pemberi Rekomendasi (Rekomendator) dengan Cukup Waktu

Sebagai salah satu syarat penting, kamu harus memberikan rekomendator kamu waktu yang cukup untuk mengisi surat rekomendasi yang kamu berikan. Idealnya, kamu harus meminta surat ini setidaknya 4-6 minggu sebelum tenggat waktu mengunggah dokumen pada aplikasi pendaftaran LPDP 2024.

3. Jelaskan Maksud & Tujuan Memilih Program Beasiswa

Kamu bisa jelaskan maksud, tujuan, persyaratan, dan kriteria penilaian dari pendaftaran Beasiswa LPDP 2024 ini. Jelaskan juga mengapa kamu mendaftar beasiswa ini dan bagaimana rencana kamu ke depannya.

4. Sediakan Informasi Pendukung yang Profesional

Idealnya, kamu bisa mengirimkan CV, transkrip nilai, portofolio, dan informasi pendukung lainnya yang dapat membantu rekomendator dalam menulis surat yang lebih terfokus dan mendetail. Ini akan memudahkan mereka untuk menyoroti aspek-aspek penting dari kualifikasimu yang dibutuhkan.

5. Jelaskan Panduan Menulis Surat Rekomendasi Beasiswa LPDP dengan Baik

Agar rekomendatormu lebih mudah menulis surat rekomendasi, kamu bisa menjelaskan format surat rekomendasi LPDP 2024 dan elemen-elemen yang dalam surat rekomendasi tersebut. Hal yang terpenting yang wajib kamu lakukan ialah memberikan template surat rekomendasi beasiswa seperti yang akan dilampirkan di bawah.

7. Follow Up dengan Bijak

Jika kamu sudah meminta dengan baik, jangan ragu untuk mengingatkan rekomendatormu sebelum kamu menginput surat tersebut di form unggahan.

8. Jangan Lupa Mengucapkan Terima Kasih

Adab yang tidak boleh kamu lupakan ialah mengucapkan terima kasih setelah kamu menerima surat rekomendasi dari rekomendatormu. Sampaikan terima kasih secara baik-baik dan personal. Ini menunjukkan bahwa mereka sangat terbuka untuk membantumu dalam bersaing dengan kandidat lainnya.

Baca Juga: 10 Universitas di Australia Tujuan Beasiswa LPDP, Terbaik di Dunia!

Link Format Surat Rekomendasi LPDP 2024

Dilansir dari website LPDP Kemenkeu, contoh template atau format surat rekomendasi LPDP 2024 bisa kamu download di booklet atau guidebook LPDP 2024. Namun kamu bisa mengaksesnya dengan mengunjungi atau mengklik tautan di bawah ini.

bit.ly/SuratRekomendasiLPDP2024

Contoh Surat Rekomendasi LPDP 2024

Berikut contoh surat rekomendasi beasiswa LPDP yang bisa kamu jadikan sumber rujukan kepada rekomendatormu. Simak dan pahami secara mendail contoh di bawah ini.

SURAT REKOMENDASI MENDAFTAR BEASISWA LPDP

Yang bertanda tangan di bawah ini
Nama : Budi Darmawan
NIP  : 19900814324 *Opsional
Pangkat/Gol  : IV/a
Jabatan : Lektor
Instansi : Universitas Indonesia
Alamat Lembaga : Jl. Lingkar, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok.
No. Telp/Handphone : 08991234567
Email : bud1darmwn895@gmail.com

Memberi rekomendasi kepada:
Nama : Teguh Gunawan
Instansi : Universitas Indonesia
Alamat : Jl. Sukses Jaya, Cimanggis, Depok.

Deskripsi Rekomendasi:

Dengan penuh pertimbangan dan keyakinan serta prestasi yang telah diraih oleh Teguh Gunawan. Melalui surat ini, saya memberikan rekomendasi untuknya sebagai kandidat yang sangat layak untuk mendaftar beasiswa LPDP tahap 2 tahun 2024.

Teguh Gunawan adalah seorang mahasiswa yang telah menunjukkan komitmen yang luar biasa terhadap studi Sastra Inggris di Universitas Indonesia. Selama masa perkuliahannya di kampus, ia telah menunjukkan keunggulan dalam berbagai aspek, termasuk prestasi akademis yang sangat memuaskan dan dedikasi yang tinggi terhadap universitas.

Saya yakin bahwa dengan latar belakang akademis dan pengalaman yang dimilikinya, Teguh Gunawan akan menjadi aset berharga bagi program beasiswa LPDP. Oleh karena itu, saya, Budi Darmawan, Dosen Sastra Inggris Universitas Indonesia, memberikan dukungan penuh kepada Teguh Gunawan untuk mendapatkan kesempatan belajar di tingkat Master/S2 di Harvard University.

 

Hormat saya,

Budi Darmawan

Dosen Universitas Indonesia

Nah, itulah contoh surat rekomendasi LPDP 2024. Kamu bisa menjadikan contoh di atas sebagai referensi utama sebelum kamu meminta rekomendasi kepada rekomendator yang mengenal potensi dan kemampuanmu sepenuhnya.

Jika tahap ini sudah kamu lalui,  langkah selanjutnya adalah mempersiapkan dokumen penting lainnya, seperti sertifikat tes IELTS dari lembaga yang bersertifikat resmi. Bagaimana cara mempersiapkannya? Cek penjelasan di bawah ini!

Cara Mempersiapkan Sertifikat Tes IETLS untuk LPDP 2024

Simak cara di bawah ini.

1. Periksa Persyaratan Minimum Skor IETLS untuk LPDP yang Dibutuhkan

Sebelum kamu mengikuti tes IELTS, pastikan kamu telah mengetahui berapa minimum skor IELTS sebagai syarat mengajukan beasiswa sesuai program yang kamu targetkan. Misalnya kamu ingin mengajukan beasiswa untuk program Magister dalam negeri, maka kamu harus memiliki sertifikat IELTS dengan skor minimum 6.0. Begitupun dengan masing-masing program yang akan kamu ambil.

Baca Juga: Catat! Ini Minimum Skor IELTS untuk LPDP 2024

2. Daftar dan Ikuti Tes IELTS di Golden English

Setelah kamu mengetahui minimum skor IETLS, pastikan kamu mengikuti tes IELTS di lembaga yang telah bersertifikat resmi. Dengan demikan, sertifikat IELTS yang kamu dapatkan bisa kamu gunakan sebagai persyaratan mendaftar LPDP 2024 tahap 2 pada tanggal 19 Juni nanti.

Kamu bisa mengikuti tes IELTS di Golden English dengan cara yang mudah dan biaya super terjangkau. Tidak hanya itu, sertifikat IELTS yang kamu dapatkan nantinya akan berlaku hingga 2 tahun semenjak kamu menerima sertifikat tersebut.

3. Terima Hasil Tes IELTS

Setelah kamu mengerjakan tes, kamu akan menerima hasil tes resmi dalam bentuk sertifikat. Sertifikat ini bisa kamu terima dalam bentuk fisik maupun digital.

4. Unggah Sertifikat Tes IELTS di Form Pendaftaran LPDP

Jangan lupa mengunggah sertifikat IETLS sebagat syarat yang dibutuhkan di applicant form LPDP 2024 yang tersedia.

Pepatah mengatakan, tidak ada hasil sempurna tanpa persiapan yang terencana. Oleh karena itu, buat kamu yang tengah mempersiapkan diri untuk lolos LPDP 2024, pastikan cara-cara di atas telah kamu lakukan ya!

surat rekomendasi lpdp

Teguh Gunawan

Teguh Gunawan

Digital Marketing Enthusiast who's passionate about SEO, Content Writing, and Copywriting.
Teguh Gunawan

Teguh Gunawan

Digital Marketing Enthusiast who's passionate about SEO, Content Writing, and Copywriting.