fbpx

Now Everyone Can Speak English

Persyaratan Skor IELTS untuk Beasiswa Kuliah di Luar Negeri 2023 Terbaru

Daftar Isi

Persyaratan Skor IELTS untuk Beasiswa Kuliah di Luar Negeri 2023

 

Persyaratan Skor IELTS untuk Beasiswa Kuliah di Luar Negeri 2023 -Kalau kamu memiliki rencana untuk studi ke luar negeri atau bekerja di luar negeri, kamu akan membutuhkan sertifikat kemampuan bahasa Inggris, seperti misalnya IELTS atau TOEFL.

Keduanya memang bisa digunakan untuk memenuhi syaratmu berkuliah atau bekerja di luar negeri, namun keduanya memiliki tujuan negara yang berbeda. Jika tujuanmu adalah negara-negara Eropa, maka kamu sebaiknya mengambil tes IELTS.

Tapi apakah kamu sudah tahu berapa persyaratan minimum skor IELTS agar kamu bisa mendapatkan beasiswa di luar negeri? Nah kalau belum tahu, yuk simak penjelasan artikel berikut ini!

Pengertian IELTS

IELTS (International English Language Testing System) adalah sistem penilaian kemampuan bahasa Inggris Internasional yang populer di dunia. IELTS dikelola dan diselenggarakan secara bersama-sama oleh Universitas Cambridge, British Council, dan IDP Education Australia.

Tes IELTS menguji kemampuan bahasa Inggris peserta secara keseluruhan dengan membagi soal menjadi 4 bagian utama, yaitu reading (membaca), listening (menyimak), writing (menulis) dan speaking (berbicara).

Sertifikat IELTS dapat digunakan untuk melamar di 11.000 institusi di 140 negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Australia, Kanada, Selandia Baru, dan lain-lain sebagaimana dilansir dari situs IELTS Asia.

Hal ini menunjukkan bahwa sertifikat IELTS tidak hanya diterima di institusi-institusi Eropa, tapi juga sudah diakui secara internasional.

Perbedaan IELTS General Training dan IELTS Academic

Terdapat dua jenis tes IELTS, yaitu IELTS Academic dan IELTS General Training. IELTS Academic diperuntukkan bagi siswa yang ingin mendaftar untuk program sarjana atau pascasarjana di universitas dan perguruan tinggi di negara berbahasa Inggris.

 

Persyaratan Skor IELTS untuk Beasiswa Kuliah di Luar Negeri 2023

 

Sementara IELTS General Training ditujukan bagi siswa yang ingin lanjut pendidikan menengah, profesional yang ingin melamar kerja atau ikut pelatihan kerja, hingga orang-orang yang mencari imigrasi di beberapa negara berbahasa Inggris seperti Kanada, Selandia Baru, Australia, dan Inggris.

Tes Membaca IELTS

Pada reading test atau tes membaca IELTS kamu akan memiliki waktu sebanyak 60 menit untuk menyelesaikannya. Akan terdapat 40 pertanyaan dalam berbagai format soal.

Tes Membaca IELTS Academic

Nah, pada IELTS Academic, kamu akan diminta untuk mencari suara, tujuan serta argument utama penulis. Kamu akan mendapatkan tiga teks akademik yang panjang. Isi dari teks-teks tersebut bisa berupa topik akademik apa saja.

Mulai dari sains hingga sejarah. Di dalamnya juga akan terdapat kosakata akademis. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena akan disediakan glosarium yang menjelaskan istilah yang mungkin kamu tidak ketahui maknanya.

Tes membaca IELTS General Training

Sementara Tes IELTS Academic menargetkan siswa pra-universitas, Tes IELTS General Training menguji kemampuanmu dalam bahasa Inggris untuk lingkungan sosial.

Teks yang disediakan pada tes IELTS General Training merupakan teks dengan empat paragraf pendek dengan variasi kalimat panjang dan kesulitan dari berbagai konteks sehari-hari. Mulai dari teks potongan koran hingga iklan.

Tes Menulis IELTS

Tugas bagian kedua sama untuk kedua tugas tersebut. Kamu harus menjawab pertanyaan esai (biasanya menanggapi sudut pandang) setidaknya dalam 250 kata.

Tugas pertama adalah di mana segala sesuatunya menjadi sedikit berbeda.

Tes Menulis IELTS Academic

Kamu akan mendapatkan salah satu atau lebih tentang tabel, grafik garis, diagram dan struktur mesin. Kamu akan diminta untuk mendeskripsikan hal-hal yang sudah diberikan dalam bentuk paragraf.

Tes Menulis IELTS General Training

Sedangkan pada IELTS General Training, kamu akan diminta untuk menulis tiga jenis surat. Yaitu surat informal kepada anggota keluarga atau teman, surat semi formal, dan surat formal.

Persyaratannya sama dengan tes IELTS Academic – minimal 150 kata dalam waktu 20 menit.

Tes menulis baik untuk IELTS Academic atau General Training akan memakan waktu 60 menit. Kamu harus menyediakan sekitar 20 menit untuk Bagian 1 dan 40 menit untuk bagian 2.

Baca Juga: Aplikasi Belajar IELTS untuk Persiapan Tes IELTS di Android

Skor IELTS

Rentang skor IELTS adalah 0 – 9. Umumnya, stkamur minimum nilai IELTS yang diminta oleh institusi adalah 6. Tetapi kamu jangan berpatokan di sini, sebab ada juga beberapa universitas atau institusi yang mensyaratkan nilai IELTS minimum kurang atau lebih dari 6.

Durasi waktu pengerjaan tes IELTS adalah 2 jam 45 menit, terdiri dari seksi Listening 30 menit, Reading 60 menit, Writing 60 menit, dan Speaking maksimal 15 menit.

IELTS diselenggarakan hingga 4 kali dalam sebulan atau 48 kali dalam setahun. Di Indonesia, kamu bisa mengikuti tes IELTS di beberapa tempat (umumnya di kota-kota besar) yang sudah disediakan oleh institusi penyelenggara resmi IELTS di Indonesia seperti British Council, IALF, dan IDP.

Untuk hasil tes IELTS sendiri, biasanya keluar dalam 13 hari setelah pelaksanaan ujian dan dapat dicek secara online atau dengan datang langsung ke tempat penyelenggara tes.

Kalau kamu mau mengambil tes IELTS, kamu bisa mengunjungi situs ielts.org untuk mengetahui update terbaru jadwal dan tempat pelaksanaan tes IELTS di Indonesia.

Saat artikel ini ditulis, biaya untuk ikut ujian IELTS berkisar antara Rp 2.900.000 – Rp 3.317.000. Harga ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari penyelenggara tes. Untuk update harga IELTS terbaru, silakan kunjungi situs British Council atau IDP.

Kamu juga bisa mendaftar IELTS Official Test melalui Golden English dengan biaya sama, staff GE akan membantu proses administrasi Kamu dari awal hingga Kamu mendapatkan sertifikat. Klik https://golden-course.com/test-ielts-golden-english/ untuk informasi lebih lengkapnya.

Skor IELTS untuk Beasiswa di Luar Negeri

Berikut ini adalah skor IELTS untuk berbagai macam beasiswa di luar negeri:

 

Persyaratan Skor IELTS untuk Beasiswa Kuliah di Luar Negeri 2023

1. Beasiswa Chevening

Beasiswa Chevening adalah beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Inggris dan organisasi mitra yang menanggung biaya kuliah, biaya hidup, dan biaya perjalanannya.

Beasiswa ini juga memberikan kesempatan bagi penerimanya untuk menjelajahi budaya Inggris dan terhubung dengan koneksi global, para sarjana dan juga para profesional.

Kalau kamu tertarik dengan beasiswa ini, salah satu persyaratan yang harus kamu penuhi adalah memiliki skor IELTS minimal 6,5 atau setara.

2. Beasiswa Gates Cambridge

Beasiswa Gates Cambridge adalah beasiswa yang didanai oleh Gates Foundation yang mendanai keuangan penuh termasuk biaya kuliah dan biaya hidup.

Tujuan negara dari beasiswa ini adalah Inggris. Namun, sedikit berbeda dengan beasiswa Chevening, proses aplikasi beasiswa ini sangat kompetitif, sehingga kamu harus memenuhi salah satu persyaratannya yaitu memiliki skor IELTS minimal 7,5 atau setara.

3. Australia Awards

Beasiswa selanjutnya adalah Australian Awards yang menawarkan para siswa untuk melanjutkan pendidikan mereka, melakukan penelitian dan mengembangkan keterampilan profesional di Australia.

Beasiswa ini mencangkup biaya sekolah, asuransi kesehatan, dan biaya akomodasi. Agar bisa mendapatkan beasiswa ini kamu harus memenuhi salah satu persyaratannya, yaitu memiliki skor minimal 6,5 dalam tes IELTS.

4. Australia Government Research Training Program

Beasiswa Australia lainnya yaitu adalah Australian Government Research Training Program (AGRTP). Beasiswa ini cocok untukmu yang ingin melanjutkan program penelitian tingkat tinggi di Australia.

Beasiswa ini didanai oleh Australian Commonwealth Department of Education and Training. Sebelumnya beasiswa ini bernama International Postgraduate Research Scholarship (IPRS). Sekarang berganti menjadi program AGRTP.

Program beasiswa ini menyediakan dana penuh untuk memenuhi berbagai macam biaya, seperti biaya kuliah, asuransi kesehatan dan biaya hidup selama durasi program penelitian.

Agar kamu bisa mendapatkan beasiswa ini, salah satu persyaratan yang harus kamu penuhi adalah memiliki skor minimal 6,5 dalam ujian IELTS.

5. International High Achievers Scholarship

Kalau kamu ingin berkuliah di Australia, maka salah satu pilihan beasiswa yang bisa kamu pilih adalah International High Achievers Scholarship. Beasiswa ini diberikan oleh Universitas Queensland untuk siswa internasional yang ingin berkuliah S1 atau S2.

Beasiswa ini akan memberikan dana bantuan untuk biaya kuliah dan biaya hidup selama kamu belajar di Australia. Untuk bisa mendapatkan beasiswa ini kamu harus memenuhi salah satu persyaratannya, yaitu memiliki skor IELTS 6,5 atau setara.

6. Manaaki New Zealand Scholarship

Beasiswa Manaaki New Zealand Scholarship adalah beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Selandia Baru yang diberikan kepada siswa internasional dari negara-negara Asia, Afrika, Amerika Latin dan negara Persemakmuran.

Program beasiswa ini akan mendanai biaya kuliah, biaya perjalanan serta biaya akomodasi selama program studi berlangsung.

Beasiswa ini menyediakan program sarjana dan pascasarjana. Untuk program sarjana, kamu harus memiliki skor IELTS sebesar 6,0. Sedangkan untuk program pascasarjana kamu harus memiliki skor IELTS sebesar 6,5.

7. Ireland Government Scholarship

Kalau kamu ingin berkuliah di negara Irlandia, maka beasiswa Ireland Government Scholarship adalah beasiswa yang sebaiknya kamu pertimbangkan.

Beasiswa umumnya akan mencakup biaya kuliah penuh dan biaya pendaftaran lainnya, sehingga kamu bisa fokus pada studimu saja.

Agar bisa mendapatkan beasiswa ini, kamu harus memenuhi salah satu persyaratannya terlebih dahulu. Untuk program sarjana kamu harus memiliki skor IELTS sebesar 6,0. Sedangkan untuk program pascasarjana kamu harus memiliki skor IELTS sebesar 6,5.

8. Vanier Canada Graduate Scholarships

Kalau kamu punya mimpi untuk berkuliah di Kanada, maka kamu sebaiknya mempertimbangkan beasiswa Vanier Canada Graduate Scholarship.

Beasiswa ini adalah beasiswa yang bergengsi dalam bidang penelitian kesehatan, ilmu alam, teknik, ilmu sosial dan humaniora.

Beasiswa ini akan memenuhi dana kuliah penuh, memberikan tunjangan bulanan, memberikan akses ke program pengembangan profesional, dan memberikan peluang jaringan dengan para sarjana dan profesional dari berbagai bidang.

Nah, untuk bisa mendapatkan beasiswa ini, persyaratan IELTS yang kamu penuhi mengikuti dengan ketentuan program atau jurusan yang akan kamu pilih.

9. Beasiswa Indonesia Maju

Tidak hanya beasiswa luar negeri saja, Indonesia juga menyediakan Beasiswa Indonesia Maju yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untukmu yang ingin berkuliah di luar negeri atau di dalam negeri.

Agar kamu bisa mendapatkan beasiswa ini kamu harus memiliki jejak prestasi yang terbukti di tingkat nasional dan/atau internasional dalam bidang berikut ini:

  • sains, riset, teknologi dan inovasi
  • seni, budaya dan bahasa
  • olahraga dan kesehatan fisik
  • kejuruan dan kewirausahaan

Selain keunggulan akademik tersebut, pelamar beasaiswa ini juga harus memenuhi kemahiran bahasa tertentu.

Karena negara yang bisa menjadi pilihan program studinya adalah Australia, Amerika, Belgia, China, Hong Kong, Belanda, Swiss, Inggris, Prancis, Korea Selatan, Jepang, Swedia, Kanada, Singapura, Taiwan, Denmark, Italia, Jerman, dan Finlandia.

10. Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)

Selanjutnya beasiswa dalam negeri yang bisa mendanai kuliah di luar negeri adalah beasiswa LPDP yang dibiayai oleh Kementrian Keuangan. Beasiswa ini akan menanggung biaya kuliah, penilitan dan biaya hidup untuk mahasiswa magister dan doktoral.

Terdapat berbagai macam negara tujuan yang bisa kamu pilih di beasiswa LPDP ini, yaitu Amerika Serikat, Inggris, Swiss, Tiongkok, Kanada, Singapura, Jepang, Australia, Prancis, Hong Kong, Jerman, Korea Selatan, Belanda, Denmark, Norwegia, Finlandia, Arab Saudi, Belgia, Rusia, Austria, Irlandia, Italia, Malaysia, Luksemburg, Selandia Baru, Qatar, Spanyol, Swedia, Taiwan, UEA, Brazil, Chili, Hungaria, Meksiko dan Turki.

Salah satu persyaratan yang harus kamu miliki untuk mendapatkan beasiswa ini adalah skor IELTS 6,5 untuk Magister Program Umum, dan skor IELTS 7,0 untuk Doktor Program Umum.

Baca Juga: Lengkap! 11 Lokasi Tes IELTS dan Biaya IELTS Test di Indonesia

Demikianlah penjelasan tentang berbagai macam beasiswa untuk berkuliah di luar negeri dengan syarat skor IELTS masing-masing beasiswa.

Nah, kalau kamu ingin memilih tempat kursus IELTS yang tidak akan mengecewakanmu, pilihlah tempat kursus Golden English!

Program Golden English menawarkan fasilitas pembelajaran IELTS yang lengkap. Yaitu dengan menawarkan tips memecahkan berbagai jenis soal IELTS, mulai dari reading, listening, writing dan speaking.

Sedikit berbeda dengan lembaga kursus lainnya, Golden English memiliki beberapa kelebihan yang mungkin tidak kamu dapatkan di lembaga kursus lain. Yaitu Golden English Application (GEA) yang bisa memantau proses belajarmu.

Selain itu di dalamnya terdapat kelass gratis khusus grammar dan speaking agar kamu dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu dengan maksimal. Cocok untukmu yang memiliki skor IELTS impian.

Kurikulum yang terdapat pada Golden English didesain agar para peserta dapat memahami setiap sesi materi secara utuh dan optimal. Terdapat juga pengarahan, pendampingan dan simulasi yang akan dilakukan secara intensif dan efektif.

Selain mendapatkan pembelajaran dan pendampingan IELTS intensif, setiap peserta kursus IELTS Golden English juga dapat mengikuti pre-test dan simulation test untuk melihat kemampuan awal dan akhir peserta.

Dengan mengetahui hasil pre-test di awal dan simulation test di akhir, tim Golden English dapat memantau progress pencapaian dan efektifitas kursus peserta.

Menariknya, jika peserta tidak mengalami peningkatan skor dari pre-test hingga simulation test, peserta berhak mengikuti pengulangan kelas kursus IELTS secara gratis. Sehingga kamu bisa memiliki jaminan skor IELTS yang tinggi jika memilih kursus di Golden English.

Lembaga kursus bahasa Inggris IELTS Golden English sudah tersebar di kota-kota di Indonesia, di antaranya Jakarta, Bekasi dan Tangerang Selatan.

Peserta juga dapat memilih program IELTS yang ingin diikuti, seperti dalam kelompok kecil, kursus persiapan IELTS online atau kursus persiapan IELTS offline, dan intensive camp.

Yang dapat menguntungi para peserta adalah kursus IELTS di Golden English dikenakan biaya yang relatif murah. Yaitu mulai dari Rp.1.200.000.

Kalau kamu berencana mencapai skor IELTS yang tinggi, kamu bisa melakukan pendaftaran kursus IELTS preparation yang diadakan di Golden English. Kamu akan mempelajari soal-soal IELTS.

Kamu akan mendapatkan program placement test gratis lho! Kamu hanya perlu kunjungi situs Golden English saja untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya.

Kamu tinggal mengecek lokasi kursus IELTS di Golden English yang dekat dengan tempat tinggalmu.

Kamu juga bisa mengambil IELTS online course atau kursus IELTS online jika kamu lebih nyaman untuk mengikuti kursus tapi membutuhkan bimbingan jarak jauh.

Golden English menyediakan IELTS modular online untukmu yang ingin menyelesaikan kursus IELTS dari jarak jauh.

Kamu akan mendapatkan bimbingan terarah dari guru berpengalaman dan mendapatkan berbagai macam tips menghadapi IELTS test. Pastikan untuk terapkan tipsnya ketika mengerjakan tesnya ya! Agar kamu bisa mumpuni kemampuan bahasa Inggris.

Supaya kamu mahir berbahasa Inggris, jangan lupa untuk terus belajar terus tentang grammar bahasa Inggris khususnya di tenses. Jika Anda mencari kursus IELTS berkualitas, kami merekomendasikan kelas kursus IELTS di Golden English. Dengan kursus IELTS kami, kamu dapat meningkatkan skor IELTS kamu secara efektif. Selamat belajar!

 

cta

Muhammad Azka Rais

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.
Muhammad Azka Rais

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.