fbpx

Now Everyone Can Speak English

20 Slang Bahasa Inggris yang Bikin Kamu Makin Gaul dan Keren!

Daftar Isi

Slang Bahasa Inggris

Slang bahasa Inggris memang banyak digunakan oleh kalangan anak muda di berbagai negara. Kata-kata slang membuat kita lebih kekinian dan up to date. Jika kamu kesulitan untuk menemukan kata-kata slang yang kekinian dan keren, tenang, simak artikel ini! Pada artikel kali ini, akan membahas 20 Slang Bahasa Inggris yang bikin kamu semakin gaul dan keren ketika berkomunikasi.

Gak perlu bingung lagi cari kata-kata slang yang kekinian, karena pada artikel ini sudah dirangkum lengkap untuk kamu. Jadi, kamu bisa langsung pakai dan berkomunikasi dengan gaya yang kekinian! Yuk, simak artikel ini sekarang juga ya!

Apa Itu Slang?

Slang adalah kata, frasa, dan penggunaan bahasa yang seringkali dianggap sangat tidak formal yang seringkali digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Ini berbeda dengan bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa resmi atau bahasa yang dipakai dalam situasi formal, seperti saat berbicara dalam sidang, presentasi, atau pertemuan bisnis. Slang bahasa Inggris mempunyai peran yang penting dalam budaya populer, contohnya dalam dunia musik, film, dan sosial media.

Saat belajar bahasa Inggris, penting buat kamu mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menggunakan kapan tidak menggunakan bahasa slang. Berbicara dalam bahasa Inggris dengan cara yang sopan adalah sebuah sifat yang harus kamu miliki, dan menggunakan kata-kata gaul dengan cara yang salah hanya akan menimbulkan kesan kasar pada orang lain. Inilah alasan mengapa kamu harus tahu kapan waktu yang tepat untuk menggunakan kata-kata gaul bahasa Inggris.

Baca Juga: Pengertian Dan Contoh Kalimat Subordinating Conjunction

Fungsi Slang Bahasa Inggris 

Slang memiliki beberapa fungsi penting dalam komunikasi sehari-hari, diantaranya yaitu:

  1. Slang dapat membantu kamu untuk mempermudah dan mempercepat proses komunikasi antar individu. Dengan menggunakan slang, kamu dapat menyampaikan pesan dengan lebih cepat dan efisien.
  2. Slang membantu untuk menunjukkan identitas dan hubungan antar individu. Penggunaan slang yang berbeda-beda dapat menunjukkan bahwa individu tersebut berasal dari lingkungan atau kelompok yang berbeda. Ini juga dapat membantu kamu untuk membangun hubungan dan rasa akrab antar individu.
  3. Slang juga dapat menjadi alat untuk membuat percakapan kamu menjadi lebih menyenangkan dan menghibur. Dengan menambahkan elemen humor dan keakraban, slang dapat membuat percakapan menjadi lebih menyenangkan dan menghibur. Dalam media sosial, slang bahasa Inggris juga sering digunakan dalam caption atau chatting dengan teman.

Slang Bahasa Inggris

Keuntungan Menggunakan Slang

Keuntungan dalam menggunakan slang jika kamu memahami bahasa Inggris dan menggunakannya pada konteks yang tepat adalah kamu dapat meningkatkan komunikasi. Slang dapat membuat percakapan lebih santai dan menyenangkan, mempermudah aliran percakapan dan membuat komunikasi lebih efektif jika kamu mampu mahir menggunakannya dalam percakapan.

Keuntungan lain adalah dapat membentuk kreativitas dan kepribadian. Menggunakan slang dapat membuat kamu dianggap sebagai orang unik dan membuat percakapan terdengar lebih menarik juga menyenangkan.

Selain itu, slang juga dapat membantu memperkuat hubungan dengan kelompok atau komunitas tertentu. Dengan menggunakan slang, seseorang dapat menunjukkan bahwa mereka bagian dari lingkaran sosial tertentu, membantu membangun hubungan dan memperkuat ikatan.

Baca Juga: Past Continuous Tense: Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat 

Risiko Menggunakan Slang

Menggunakan slang bahasa Inggris terkadang memiliki risiko tertentu yang harus dipertimbangkan. Risiko yang pertama adalah slang sering memiliki makna yang berbeda dari bahasa formal, sehingga bisa membingungkan bagi orang lain yang tidak terbiasa dengan istilah tersebut. Hal ini dapat mengakibatkan kesalahpahaman dan kekeliruan dalam komunikasi.

Selain itu slang sering terkesan kurang formal dan tidak sesuai dengan situasi yang lebih serius. Terutama dalam lingkup kerja atau bisnis, penggunaan slang bisa membuat kamu terlihat tidak profesional, tidak sopan, dan tidak berkualitas.

Slang Bahasa Inggris

20 Slang atau Kata-kata Gaul Bahasa Inggris Berserta Contoh Kalimat

Slang hanya terdiri dari satu kata dan biasanya akan sangat berbeda dengan bentuk dan makna asli yang terdapat di kamus bahasa Inggris. Berikut adalah 20 contoh slang bahasa Inggris beserta dengan contoh kalimatnya:

  1. Lit” – bermakna menyenangkan atau keren. Contoh kalimatnya, “The party was lit last night
  2. Slayed” – memiliki arti berhasil dengan sangat baik. Contoh kalimatnya, “She slayed that presentation
  3. Savage” – ungkapan kejam atau keren. Contoh kalimatnya, “He’s a savage on the basketball court
  4. Lowkey” – menyiratkan sesuatu yang dilakukan dengan santai atau sederhana. Contoh kalimatnya, “I’m low-key obsessed with this show
  5. Highkey” – berarti sangat penting atau besar. Contoh kalimatnya, “She highkey has a crush on him
  6. Shook” – menunjukkan kejutan atau kaget. Contoh kalimatnya, “I was so shook when I found out the news
  7. Bae” – akronim dari “before anyone else“, yang merupakan istilah untuk pacar. Contoh kalimatnya, “My bae surprised me with a gift”
  8. GOAT” – akronim dari “greatest of all time“, yang berarti terbaik sepanjang masa. Contoh kalimatnya, “I think Beyoncé is the GOAT of music
  9. On point” – bermakna sangat baik atau sempurna. Contoh kalimatnya, “Her makeup is always on point
  10. Fam” – singkatan dari “family”, yang berarti keluarga atau teman dekat. Contoh kalimatnya, “What’s up fam?
  11. “Gucci” – bermakna baik atau ok. Contoh kalimatnya, “Everything’s gucci, don’t worry about it
  12. Litty” – memiliki arti sangat menyenangkan. Contoh kalimatnya, “The concert was litty
  13. Bruh” – sejenis kata “bro”, yang digunakan untuk teman laki-laki. Contoh kalimatnya, “Bruh, can you help me with this?
  14. Dead” – slang ini digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang sangat lucu atau menyenangkan. Contoh kalimatnya, “That joke was dead
  1. “Woke” – artinya sadar dan paham tentang isu sosial. Contoh kalimatnya, “He’s so woke and always speaks up for what’s right”
  1. Szn” – memilki arti musim. Contoh kalimatnya, “Summer szn is my favorite
  2. Tea” – slang yang digunakan untuk menyatakan gossip atau berita. Contoh kalimatnya, “Can you spill the tea on what’s going on with you and John?
  3. Tight” – baik atau akrab. Contoh kalimatnya, “Me and my friends are tight
  4. Peanuts” – adalah slang yang digunakan untuk menyatakan sesuatu yang tidak penting, tidak berharga, atau murah. Contoh kalimatnya, “I can buy this for peanuts, it’s a steal!
  5. Stan” – berasal dari kata “stalker” dan “fan” yang menggambarkan seseorang yang sangat mengagumi dan mengikuti segala informasi tentang sesuatu. Contoh kalimatnya, “I stan Beyoncé, she’s my favorite artist

Slang bahasa Inggris memang sangat membantu dalam percakapan sehari-hari dan membuat percakapan menjadi lebih santai dan mudah. Namun, penting untuk kamu ketahui bahwa slang tidak boleh digunakan pada situasi formal atau resmi.

Meskipun penggunaan slang bahasa Inggris bisa membuat komunikasi lebih menyenangkan dan santai, tetapi juga penting untuk mengetahui dan memahami risiko yang terkait dengan penggunaannya. Sangat disarankan untuk membatasi penggunaan slang dalam situasi formal dan memahami arti dan konteks yang tepat saat menggunakannya.

Nah, sekarang kamu sudah tahukan apa itu slang bahasa Inggris dan contoh-contoh slang bahasa Inggris yang dapat kamu gunakan dalam percakapan sehari-hari. Bahasa gaul memang membuat percakapan menjadi lebih interaktif dan juga menarik. Jika kamu ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kamu, kamu bisa memulainya dengan mempelajari slang bahasa Inggris dan juga bahasa gaul. Jangan lupa untuk mengeksplorasi terus bahasa Inggris agar kamu dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kamu! Jika kamu ingin lebih berlatih, cobalah untuk mendaftar di kursus bahasa Inggris online di Golden English. Tunggu apalagi? Segera mendaftar dan rasakan keseruan belajar bahasa Ingris di Golden English

Teguh Gunawan

Teguh Gunawan

Digital Marketing Enthusiast who's passionate about SEO, Content Writing, and Copywriting.
Teguh Gunawan

Teguh Gunawan

Digital Marketing Enthusiast who's passionate about SEO, Content Writing, and Copywriting.