fbpx

Now Everyone Can Speak English

Yuk Ketahui 9 Tips Persiapan Tes IELTS Agar Mendapat Skor Tinggi

Daftar Isi

persiapan tes ielts

Salah satu uji kemampuan bahasa Inggris yang akan berguna untukmu adalah tes IELTS. Banyak orang sudah mulai mengambil tes ini untuk kepentingan pribadi masing-masing. Mulai dari keinginan untuk kuliah di luar negeri hingga bekerja di luar negeri.

Hal ini dikarenakan sertifikat tes IELTS menunjukkan kecakapan bahasa Inggris yang dijadikan syarat untuk bekerja di luar negeri atau kuliah ke luar negeri.

Nah, mereka melakukan banyak persiapan terkait menghadapi tes IELTS ini. Berbagai macam orang mengikuti bimbingan kursus belajar bahasa Inggris untuk melakukan persiapan ujian IELTS dan mendapatkan materi persiapan dan program persiapan yang matang dan lengkap.

Kalau kamu ingin mengambil tes IELTS, lalu sudah mengikuti bimbingan kursus IELTS tapi masih merasa bingung harus mempersiapkan apa lagi, kamu tidak perlu khawatir.

Di artikel ini kamu akan mengetahui berbagai macam hal yang harus kamu persiapkan sebelum mengikuti tes IELTS. Yuk simak penjelasan artikel berikut ini!

Baca Juga: Rekomendasi 5 Kursus IELTS Terbaik di Indonesia

Pengertian IELTS

IELTS (International English Language Testing System) adalah tes bahasa Inggris atau sistem penilaian kemampuan bahasa Inggris Internasional yang populer di dunia.

IELTS dikelola dan diselenggarakan secara bersama-sama oleh Universitas Cambridge, British Council, dan IDP Education Australia.

Tes IELTS menguji kemampuan bahasa Inggris peserta secara keseluruhan yang terbagi ke dalam 4 bagian utama, yaitu reading (membaca), listening (menyimak), writing (menulis) dan speaking (berbicara).

Sertifikat IELTS dapat digunakan untuk melamar di 11.000 institusi di 140 negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Australia, Kanada, Selandia Baru, dan lain-lain sebagaimana dilansir dari situs IELTS Asia.

Hal ini menunjukkan bahwa jika kamu menjalani tes IELTS dan mendapatkan sertifikat IELTS, sertifikat tersebut tidak hanya diterima di institusi-institusi Eropa, tapi juga sudah diakui secara internasional.

Terdapat dua jenis tes IELTS, yaitu IELTS Academic dan IELTS General Training. IELTS Academic diperuntukkan bagi siswa yang ingin mendaftar untuk program sarjana atau pascasarjana di universitas dan perguruan tinggi di negara berbahasa Inggris atau untuk keperluan akademis.

Sementara IELTS General Training ditujukan bagi siswa yang ingin lanjut pendidikan menengah, profesional yang ingin melamar kerja atau ikut pelatihan kerja, hingga orang-orang yang mencari imigrasi di beberapa negara berbahasa Inggris seperti Kanada, Selandia Baru, Australia, dan Inggris.

Rentang skor (band score) IELTS adalah 0 – 9. Umumnya, standar minimum nilai IELTS yang diminta oleh institusi adalah 6.

Tetapi kamu jangan berpatokan di sini, sebab ada juga beberapa universitas atau institusi yang mensyaratkan nilai IELTS minimum kurang atau lebih dari 6.

Durasi waktu pengerjaan tes IELTS adalah 2 jam 45 menit, terdiri dari seksi Listening 30 menit, Reading 60 menit, Writing 60 menit, dan Speaking maksimal 15 menit.

IELTS diselenggarakan hingga 4 kali dalam sebulan atau 48 kali dalam setahun. Di Indonesia, kamu bisa mengikuti tes IELTS di beberapa tempat (umumnya di kota-kota besar) yang sudah disediakan oleh institusi penyelenggara resmi IELTS di Indonesia seperti British Council, IALF, dan IDP.

Untuk hasil tes IELTS sendiri, biasanya keluar dalam 13 hari setelah pelaksanaan ujian dan dapat dicek secara online atau dengan datang langsung ke tempat penyelenggara tes.

Kalau kamu mau mengambil tes IELTS, kamu bisa mengunjungi situs ielts.org untuk mengetahui update terbaru jadwal dan tempat pelaksanaan tes IELTS di Indonesia.

Saat artikel ini ditulis, biaya untuk ikut ujian IELTS berkisar antara Rp 2.900.000 – Rp 3.317.000.

Harga ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari penyelenggara tes. Untuk update harga IELTS terbaru, silakan kunjungi situs British Council atau IDP Indonesia.

Kamu juga bisa mendaftar IELTS Official Test melalui Golden English dengan biaya sama, staff GE akan membantu proses administrasi Anda dari awal hingga Anda mendapatkan sertifikat. Klik https://golden-course.com/test-ielts-golden-english/ untuk informasi lebih lengkapnya.

Hal yang Harus dipersiapkan Sebelum Mengikuti Tes IELTS

Supaya kamu bisa mengerjakan ujian IELTS dengan lancar, pastikan kamu melakukan hal-hal berikut ini pada tahap persiapan:

persiapan tes ielts

1. Kerjakan Tes Latihan IELTS

Sebelum mengikuti tes IELTS, sebaiknya yang kamu lakukan adalah mengerjakan latihan soal tes IELTS. Kamu bisa menemukannya di internet. Hal ini sangat penting dalam menjadi bagian persiapan tes IELTS.

Karena dengan berlatih mengerjakan tes latihan IELTS, kamu jadi mengetahui kelebihan dan kekuranganmu.

Kalau kamu merasa sulit menilai diri sendiri, kamu bisa meminta bantuan seorang tutor IELTS dengan mengikuti kursus IELTS untuk menilai kemampuanmu berdasarkan tes latihan IELTS.

Nantinya kamu akan lebih mudah melakukan persiapan IELTS, karena pembelajarannya akan lebih terarah, dan kamu juga akan mengetahui soal-soal yang akan muncul dalam tes sebenarnya.

2. Pahami Format Tes

Sebelum mengikuti tes IELTS, salah satu hal paling penting untuk diketahui adalah memahami format tes IELTS. Karena di dalam tes IELTS kamu akan menemukan berbagai macam pertanyaan yang disesuaikan dengan kebutuhan uji kemampuan bahasa.

Kalau kamu sudah familiar dengan format tes IELTS, hal ini akan membuatmu lebih siap dan lebih sigap ketika mengerjakan tes IELTS sebenarnya. Karena kamu sudah mengetahui apa yang akan kamu hadapi nanti.

Kamu bisa membaca informasi soal format tes IELTS dalam buku persiapan IELTS yang biasanya dipersiapkan oleh lembaga kursus untuk belajar tes IELTS. Atau kamu juga bisa mencari soal-soal tes persiapan IELTS yang gratis di internet.

3. Perhatikan Waktu Pengerjaan Tes IELTS

Perlu kamu ketahui, sebagaimana tes pada umumnya, tes IELTS juga dikerjakan dengan waktu yang terbatas. Masing-masing uji kemampuan memiliki pengerjaan waktu masing-masing. Oleh karena itu, ketahuilah masing-masing waktu pengerjaan tes IELTS.

Dengan demikian, kamu bisa mengalokasikan waktumu untuk mengerjakan soal-soal IELTS. Kamu juga bisa menyusun strategi dalam mengerjakan tes IELTS sehingga dapat diselesaikan dengan baik tanpa kehabisan waktu.

Kamu juga bisa Latihan tes IELTS berdasarkan waktu yang sesuai dengan uji kemampuan IELTS sebenarnya. Dengan begitu kamu akan terbiasa dengan waktu pengerjaan ujian IELTS dan bisa meraih skor yang tinggi.

4. Kembangkan Bahasa Inggrismu

Kalau kamu ingin mengambil tes IELTS, hal yang baik kamu lakukan adalah tidak melakukan bentuk persiapan secara tiba-tiba.

Maksudnya adalah kamu sebaiknya tidak belajar IELTS selama seminggu saja. Tetapi persiapkan tes IELTS mulai dari jauh-jauh hari, misalnya selama 3-6 bulan. Di masa-masa tersebut, kamu tidak hanya belajar IELTS saja. Tapi kembangkanlah bahasa Inggrismu.

Misalnya dengan memperbanyak bacaan bahasa Inggris, sering-sering menulis berbagai macam hal dalam bahasa Inggris, sering menyimak radio, berita atau podcast bahasa Inggris, dan juga sering latihan berbicara bahasa Inggris.

Dengan begitu kemampuan berbahasa Inggris secara umum akan meningkat dan tata bahasa Inggris serta kosakata bahasa Inggris juga turut berkembang.

Sehingga kamu tidak hanya mempersiapkan untuk IELTS saja, tapi kamu juga mengembangkan bahas Inggrismu secara keseluruhan.

5. Lakukan Berbagai Macam Hal Bersamaan Saat Tes Listening

Tes listening adalah tes kemampuan menyimak dalam bahasa Inggris. Saat mengerjakan tes listening IELTS, kamu akan mengerjakan 40 pertanyaan melalui 4 rekaman. Tantangan tes ini adalah masing-masing rekaman hanya akan diputar satu kali saja.

Kemudian, terdapat beberapa tipe pertanyaan seperti sentence completion, summary completion, form completion, dan multiple choice.

Banyak peserta merasa kesulitan menghadapi tes listening IELTS karena bisa merasa tertinggal dalam rekaman yang diputar sehingga ragu untuk menuliskan jawaban. Hal ini tentunya akan berdampak buruk kepada hasil skor IELTS nantinya.

Oleh karena itu, kamu harus bisa mengikuti rekaman yang diputar dengan baik. Kamu bisa menyimak sambil mencatat hal-hal penting. Seperti nomor, nama, atau alamat. Kamu akan diberikan informasi-informasi detail di rekaman yang akan diputar.

Jadi pastikan untuk memperhatikan informasi-informasi detail yang disebutkan sambil mencatat di kertas catatan.

6. Kembangkan Kemampuan Reading

Tujuan dari ujian reading adalah untuk menguji berbagai kemampuan membaca. Kamu akan diminta untuk mencari ide utama, mencari detail, memahami argumen dan mengetahui pendapat serta tujuan penulis.

Nah, untuk bisa mengerjakan tes reading dengan baik, kamu harus bisa menguasai dua kemampuan membaca, yaitu membaca skimming dan membaca scanning. Membaca skimming artinya membaca secara umum teks yang diberikan untuk menangkap dan memahami ide utama.

Hal ini dapat kamu lakukan sebelum membaca pertanyaan yang diberikan terkait teks tersebut. Perhatikanlah waktu yang kamu pakai untuk membaca secara skimming. Sebaiknya, setiap teks menghabiskan waktu selama dua sampai tiga menit untuk membaca skimming.

Pada saat membaca skimming juga lakukanlah pencatatan terkait hal-hal yang bersifat informatif dan detail.

Selanjutnya membaca scanning. Membaca scanning adalah membaca secara cepat untuk mendapatkan bagian informasi yang spesifik. Teknik membaca scanning bisa kamu gunakan saat kamu membaca pertanyaan dan mencari jawaban pada teks.

Dengan teknik ini, kamu tidak perlu membaca teks secara keseluruhan untuk menjawab satu pertanyaan. Kamu cukup mencari kata kunci yang terdapat pada pertanyaan dan teks yang disediakan.

7. Pahami Perintah Soal Writing dengan Baik

Pada IELTS writing, kamu akan menulis dua jenis teks yang dibagi ke dalam dua sesi, yaitu writing task 1 dan writing task 2. Pada modul IELTS Academic, kamu harus menulis dua tulisan dengan gaya menulis formal.

Pada modul tersebut, di sesi writing task 1 kamu akan diminta untuk mendeskripsikan dan menjelaskan tentang data yang diberikan. Sedangkan pada sesi writing task 2 kamu akan diminta untuk menuliskan opinimu terkait topik yang diberikan.

Nah, pada modul IELTS General Training terdapat sedikit perbedaan. Yaitu pada sesi writing task 1 kamu akan diminta untuk menuliskan surat informal. Maka kamu harus menulisnya dengan gaya penulisan informal.

Kedua sesi tersebut memiliki waktu penulisan yang terbatas. Nah, selain kamu harus memperhatikan waktu, kamu juga harus memperhatikan perintah pada soal yang diberikan agar kamu bisa membuat tulisan yang benar.

8. Berbicara dengan Lancar Saat Tes Speaking

Pada tes speaking kamu akan diuji mengenai kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris. Waktu ujian ini berlangsung selama 15 menit yang dibagi ke dalam 3 bagian percakapan.

Bagian pertama adalah bagian perkenalan antara peserta tes dengan penguji. Bagian kedua peserta akan diberikan sebuah topik untuk membahas mengenai opininya. Bagian ketiga, penguji akan menanyakan berbagai macam hal tentang topik kedua.

Nah, agar kamu bisa menyelesaikan ujian ini dengan baik, kamu harus menenangkan diri terlebih dahulu. Jika tidak, pengucapan bahasa Inggrismu akan terbata-bata dan suaramu akan terdengar pelan. Hal tersebut akan memengaruhi penilaianmu nantinya.

Cobalah untuk tersenyum, karena dengan tersenyum kamu akan bisa merasa lebih tenang. Suaramu akan lebih lantang dan kamu akan berbicara dalam bahasa Inggris dengan lebih lancar.

Kamu juga harus melatih kemampuan berbicara dengan koheren. Artinya setiap hal yang kamu sampaikan berkaitan dengan satu sama lain. Karena koherensi ini akan menjadi penilaian juga.

9. Biasakan Diri dengan Bahasa Inggris

Persiapan terakhir yang tidak kalah penting adalah biasakan dirimu dengan bahasa Inggris. Hal ini berarti kamu harus melakukan segala aktivitas sehari-hari dalam bahasa Inggris.

Misalnya kamu ingin hiburan, maka kamu harus membaca tulisan bahasa Inggris, menonton film atau serial TV berbahasa Inggris, menyimak podcast dan musik dalam bahasa Inggris, dan yang lainnya.

Ketika kamu ingin berkomunikasi, maka berbicaralah dalam bahasa Inggris. Lebih baik lagi kamu berkomunikasi dengan native speaker agar terbiasa dengan aksen bahasa Inggris mereka.

Kalau kamu sudah terbiasa dengan bahasa Inggris, maka ketika ujian kamu tidak akan kaget lagi dan sudah tahu apa yang akan dihadapi. Sehingga kamu dapat mengerjakan ujian dengan lebih tenang.

Baca Juga: 10 Tips Menghadapi Tes IELTS Speaking Agar Dapat Skor Tinggi

Nah, kalau kamu ingin memilih tempat kursus IELTS yang tidak akan mengecewakanmu, pilihlah tempat kursus Golden English!

Program Golden English menawarkan fasilitas pembelajaran IELTS yang lengkap. Yaitu dengan menawarkan tips memecahkan berbagai jenis soal IELTS, mulai dari reading, listening, writing dan speaking.

Sedikit berbeda dengan lembaga kursus lainnya, Golden English memiliki beberapa kelebihan yang mungkin tidak kamu dapatkan di lembaga kursus lain. Yaitu Golden English Application (GEA) yang bisa memantau proses belajarmu.

Selain itu di dalamnya terdapat kelass gratis khusus grammar dan speaking agar kamu dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu dengan maksimal. Cocok untukmu yang memiliki skor IELTS impian.

Kurikulum yang terdapat pada Golden English didesain agar para peserta dapat memahami setiap sesi materi secara utuh dan optimal. Terdapat juga pengarahan, pendampingan dan simulasi yang akan dilakukan secara intensif dan efektif.

Selain mendapatkan pembelajaran dan pendampingan IELTS intensif, setiap peserta kursus IELTS Golden English juga dapat mengikuti pre-test dan simulation test untuk melihat kemampuan awal dan akhir peserta.

Dengan mengetahui hasil pre-test di awal dan simulation test di akhir, tim Golden English dapat memantau progress pencapaian dan efektifitas kursus peserta.

Menariknya, jika peserta tidak mengalami peningkatan skor dari pre-test hingga simulation test, peserta berhak mengikuti pengulangan kelas kursus IELTS secara gratis. Sehingga kamu bisa memiliki jaminan skor IELTS yang tinggi jika memilih kursus di Golden English.

Lembaga kursus bahasa Inggris IELTS Golden English sudah tersebar di kota-kota di Indonesia, di antaranya Jakarta, Bekasi dan Tangerang Selatan.

Peserta juga dapat memilih program IELTS yang ingin diikuti, seperti dalam kelompok kecil, kursus persiapan IELTS online atau kursus persiapan IELTS offline, dan intensive camp.

Yang dapat menguntungi para peserta adalah kursus IELTS di Golden English dikenakan biaya yang relatif murah. Biaya untuk mengikuti kursus IELTS menawarkan biaya mulai dari Rp.1.200.000.

Kalau kamu berencana mencapai skor IELTS yang tinggi, kamu bisa melakukan pendaftaran kursus IELTS preparation yang diadakan di Golden English. Kamu akan mempelajari soal-soal IELTS.

Kamu akan mendapatkan program placement test gratis lho! Kamu hanya perlu kunjungi situs Golden English saja untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya.

Kamu tinggal mengecek lokasi kursus IELTS di Golden English yang dekat dengan tempat tinggalmu.

Kamu juga bisa mengambil IELTS online course atau kursus IELTS online jika kamu lebih nyaman untuk mengikuti kursus tapi membutuhkan bimbingan jarak jauh.

Golden English menyediakan IELTS modular online untukmu yang ingin menyelesaikan kursus IELTS dari jarak jauh.

Kamu akan mendapatkan bimbingan terarah dari guru berpengalaman dan mendapatkan berbagai macam tips menghadapi IELTS test. Pastikan untuk terapkan tipsnya ketika mengerjakan tesnya ya! Agar kamu bisa mumpuni kemampuan bahasa Inggris.

Supaya kamu mahir berbahasa Inggris, jangan lupa untuk terus belajar terus tentang grammar bahasa Inggris khususnya di tenses. Jika Anda mencari kursus IELTS berkualitas, kami merekomendasikan kelas kursus IELTS di Golden English. Dengan kursus IELTS kami, kamu dapat meningkatkan skor IELTS kamu secara efektif. Selamat belajar!

cta

Muhammad Azka Rais

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.
Muhammad Azka Rais

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.