fbpx

Now Everyone Can Speak English

5 Tips Praktis Bekerja Di Luar Negeri

Daftar Isi

5 Tips Praktis Bekerja Di Luar Negeri – Bekerja di luar negeri merupakan dambaan bagi banyak orang. Bisa jadi termasuk kamu yang tengah membaca artikel ini.

Alasannya:

Jika kamu bekerja di luar negeri, kamu bisa memperoleh pengalaman berharga seperti mengenal orang – orang dari beragam negara dan budayanya. Tidak hanya itu, kamu juga berpeluang mendapatkan pendapatan dan jenjang karir yang relatif lebih baik daripada bekerja di dalam negeri. Dua hal inilah yang biasanya membuat sebagian orang berlomba – lomba buat bisa bekerja di luar negeri.

Di artikel kali ini, kami ingin menjelaskan tentang cara bekerja di luar negeri dengan lebih gampang dan efektif.

5 tips Bekerja Di Luar Negeri Dengan Praktis

1. Menjadi Pekerja Lepas

Trik bekerja di luar negeri yang pertama yaitu dengan bekerja sebagai freelancer atau pekerja lepas. Seperti namanya, seorang pekerja lepas bekerja tanpa keterikatan waktu. Sebab itu dapat bekerja kapan saja dan dimana saja. Termasuk di luar negeri. Beberapa tahun lalu, pekerjaan sebagai pekerja lepas  masih sangat asing bagi beberapa besar orang. Namun dalam beberapa tahun terakhir ini, khususnya semenjak pandemi COVID – 19 melanda, pekerjaan sebagai pekerja lepas sudah bukan merupakan hal yang baru lagi. Kalau kamu mau menjadi seorang freelancer, berikut ini adalah 2 hal yang “wajib” kamu miliki.

  1. Mempunyi 1 atau lebih Keahlian yang diperlukan oleh banyak orang.
  2. Mempunyai perangkat pendukung produktifitas kerja yang mumpuni. Misal: laptop serta koneksi internet yang stabil.

Beberapa contoh Keahlian seorang pekerja lepas yang dibutuhkan oleh {banyak perusahaan adalah, penulis, fotografer, web developer, web design, video editing, pengisi suara (voice over), designer dan masih banyak lagi.

Kamu bisa mencari berbagai Keahlian lainnya (yang diperlukan melalui situs seperti upwork, fiverr dan lain-lain.

Sekedar informasi, apabila kamu sudah mantap buat bekerja sebagai seorang freelancer, kamu memang dapat bekerja kapan saja dan dimana saja tanpa keterikatan waktu. Tapi di sisi lain, kamu pun tak memiliki pekerjaan dan gaji tetap seperti karyawan pada umumnya. Sebab itu, waktu berhasil mendapatkan uang dari pekerjaan sebagai pekerja lepas, kamu harus pintar dalam hal mengalokasikan pendapatan tersebut Selain itu, kamu juga disarankan untuk berupaya memperbanyak jaringan, supaya karir freelance-mu makin bertumbuh dari waktu ke waktu.

Baca Juga : 5 Skill Yang Dibutuhkan Untuk Generasi Muda di Masa Depan

2. Kuliah Sambil Bekerja Di Luar Negeri

Tips selanjutnya adalah dengan kuliah sambil bekerja. Ketika kamu memperoleh peluang buat kuliah di luar negeri, kamu juga bisa menggunakannya sambil bekerja. Dengan catatan, pekerjaan tersebut tak mengganggu jadwal perkuliahanmu. Sebab tujuan utamamu ke luar negeri yaitu buat kuliah. Nantinya ketika kamu lulus kuliah, ada kemungkinan bahwa tempatmu bekerja akan langsung memberikan pekerjaan tetap buatmu. Tentu, hal tersebut bisa terjadi dengan catatan mereka senang dengan performa kerjamu.

3. Bekerja Melalui P3MI

Cara bekerja di luar negeri selanjutnya yaitu lewat P3MI atau Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia. singkatnya, P3MI merupakan perusahaan yang akan mengakomodasi terkait hal – hal yang dibutuhkan agar dapat bekerja di luar negeri. Termasuk membantu mempersiapkan dokumen dan tempat tinggal. P3MI akan sangat membantu kalau kamu sama sekali belum pernah bekerja di luar negeri.

Tips:

Kalau kamu mau memakai jasa P3MI, kamu perlu lebih selektif dalam memilih. Pastikan untuk menentukan P3MI yang legal dan bertanggung jawab. Kamu bisa melihat informasi terbaru terkait P3MI melalui Official Website BP2MI.

Baca Juga : Tips Mengerjakan Tes Listening TOEIC “Short Talk”

 

4. Lewat LinkedIn Ataupun Official Website Perusahaan

Barangkali kamu tak mau atau tak cukup tertarik menggunakan trik 1 – 3 di atas. Well, jangan khawatir. Sebab kamu bisa memakai cara lainnya. Yakni lewat LinkedIn atau langsung ke official website dari perusahaan yang bersangkutan.

Tips:

Kamu disarankan segera memperbarui halaman Linkedin personalmu dengan informasi yang selengkap – lengkapnya. Sebab para recruiter kerap menjadikannya sebagai bahan pertimbangan utama dalam memutuskan diterima ataupun tidaknya kamu (bekerja) di perusahaan mereka. Kamu bisa langsung melamar pekerjaan melalui LinkedIn, jika di lowongan pekerjaan itu terdapat informasi Easy Apply. Tak jarang kamu akan langsung diarahkan ke official website dari perusahaan yang bersangkutan.

5. Mencari Informasi Karir Langsung Di Luar Negeri

Trik bekerja di luar negeri yang terakhir ini bisa jadi terlihat begitu ekstrim. Tetapi kamu pun dapat memakai opsi ini jika memang memungkinkan.

Teknisnya, kamu bisa pindah ke luar negeri, namun disarankan kamu sudah mendalami tentang perusahaan mana saja yang menjadi tujuanmu serta seberapa besar peluang kamu akan dipekerjakan di salah 1 perusahaan tersebut, atau akan lebih baik lagi kamu sudah melalui proses seleksi melalui online sebelumnya. Karena jika kamu memutuskan untuk pindah, namun kamu sendiri belum memiliki gambaran jelas akan bekerja apa dan dimana, ini sangat beresiko pastinya.

Penting untuk dicermati, tak semua orang bisa mamakai trik ini. Hanya mereka yang memiliki keahlian khusus dan kemampuan finansial yang baik saja yang bisa melaksanakannya. Hal inilah yang membuat kami meletakan trik ini di bagian terakhir.

Baca Juga : Beberapa Smart Sentences Buat Praktik Sehari-hari Dalam Bahasa Inggris

Penutup

Selain beberapa cara di atas, kamu juga semestinya menyiapkan beberapa poin berikut ini:

  1. Kondisi fisik & mental.
  2. Berbagai dokumen penting.
  3. Biaya hidup (awal) di luar negeri.
  4. Portofolio yang berkaitan dengan bidangmu.
  5. Kemampuan Bahasa Inggris mumpuni.

Khusus buat poin nomor 5, jika kamu ingin memiliki kemampuan bahasa Inggris untuk mempersiapkan karir terbaik, kamu bisa mendaftar program kursus English for Business di Golden English.

Di sini kamu akan didampingi oleh tutor profesional, yang siap membantumu untuk bisa mempunyai keahlian bahasa Inggris yang mumpuni. Untuk informasi kursus, Kamu juga bisa WA admin Golden English di 0816 261 154.

 

Rizal Muarif

Rizal Muarif

Digital Enthusiast - English Learner
Rizal Muarif

Rizal Muarif

Digital Enthusiast - English Learner