fbpx

Now Everyone Can Speak English

Past Future Perfect Tense: Pengertian, Rumus, Fungsi dan Contoh Kalimat

Daftar Isi

Past Future Perfect Tense: Pengertian, Rumus, Fungsi dan Contoh Kalimat

Kalau kamu ingin bisa menguasai bahasa Inggris dengan baik dan benar, ada beberapa kemampuan bahasa Inggris yang harus kamu kuasai juga. Apa saja ya? yap, yaitu kemampuan membaca, menulis, menyimak dan berbicara dalam bahasa Inggris.

Nah, terkait empat kemampuan bahasa ini tentunya bisa lebih mudah kamu kuasai kalau kamu sudah memahami materi dasar bahasa Inggris, yaitu grammar. Grammar (struktur kalimat) bahasa Inggris terdapat berbagai macam hal, dan yang paling dasarnya adalah materi tentang tenses.

Sebelumnya mungkin kamu sudah pernah belajar tentang berbagai macam tenses mulai dari past, present dan future. Selain tiga tenses tersebut, ada tenses yang lebih sulit, yaitu past future tense. Past future perfect tense yaitu bentuk tenses yang mengungkapkan sesuatu di masa depan dengan sudut pandang masa lampau.

Baca Juga: Past Perfect Tense: Pengertian, Penggunaan, Rumus dan Contoh

Pengertian Past Future Perfect Tense

Nah kali ini kamu akan mempelajari tentang past future perfect tense dan contoh kalimatnya. Seperti yang sudah kamu ketahui, past future tense mengungkapkan sesuatu di masa depan dengan sudut pandang masa lampau. Untuk past future perfect tense khususnya mengungkapkan tentang sesuatu hal yang akan sudah terjadi di suatu waktu di masa depan tapi dilihat dari sudut pandang masa lampau dan tidak terjadi.

Agar lebih jelas, simak penjelasan contoh kalimat pas future perfect berikut ini:

Anna would have been there if Lucy had invited her. (Anna akan ada di sana kalau Lucy mengundangnya.)

Pada kalimat tersebut, kamu mengungkapkan bahwa Anna akan ada “di sana” jika Lucy mengundangnya. Pada kenyataannya, Anna tidak berada “di sana”, dan kalimat yang kamu ungkapkan merupakan ide atau gagasan yang diprediksikan, direncanakan, dijanjikan atau diharapkan yang akan sudah terjadi.

 

Past Future Perfect Tense: Pengertian, Rumus, Fungsi dan Contoh Kalimat

Rumus Past Future Perfect Tense dan Contoh Kalimat

Rumus Kalimat Positif Past Future Perfect Tense:

Subject + would/should + have + past participle (verb 3) + complement

  • They should have asked for permission first. (Mereka seharusnya meminta izin terlebih dulu)
  • They would have finished the report before Monday. (Mereka akan sudah menyelesaikan laporannya sebelum hari Senin)
  • We would have finished the project if you hadn’t been late. (Kita akan menyelesaikan proyeknya kalau kamu tidak terlambat.)
  • The students should have submitted the assignment if they hadn’t been busy preparing for their party. (Para siswa seharusnya mengumpulkan tugasnya jika mereka tidak sibuk mempersiapkan pesta mereka.)
  • My family would have visited the museum if it hadn’t rained. (Keluargaku akan mengunjungi museum kalau saja tidak hujan.)
  • I would have seen the concert with Jamie, but I was busy that night. (Saya akan menonton konser dengan Jamie, tetapi saya sibuk pada malam itu.)
  • Lisa would have gone to the village with us, but she was sick that day. (Lisa akan pergi ke desa dengan kita, tetapi dia sedang sakit pada hari itu)

Rumus Kalimat Negatif Past Future Perfect Tense:

Subject + would/should + not + have + past participle (verb 3) + complement

Subject + wouldn’t/shouldn’t + have + past participle (verb 3) + complement

  • I shouldn’t have stayed up late yesterday. (Aku seharusnya tidak begadang kemarin.)
  • My mother would not have bought me new laptop if I had found the old one. (Ibuku tidak akan membelikanku laptop baru kalau aku menemukan yang lama.)
  • The dog wouldn’t have survived, if Sarah hadn’t rescued it. (Anjing itu tidak akan selamat , jika Sarah tidak menolongnya.)
  • Anton shouldn’t have played video games. (Anton seharusnya tidak bermain video game)
  • Harry would not have been late to the meeting, but the traffic was terrible. (Harry tidak akan terlambat datang menghadiri rapat, tetapi lalu lintas sangat buruk.)
  • You shouldn’t have brought us gifts. (Kamu seharusnya tidak perlu membawakan kami hadiah.)
  • Mark would not have bought the new suit watch, but his dad insisted. (Mark tidak akan membeli jas baru, tetapi ayahnya memaksa.)
  • The accident would never have happened if the we hadn’t left house. (Kecelakaan tidak pernah akan terjadi jika kita tidak keluar rumah.)

Rumus Kalimat Interogatif Past Future Perfect Tense

Would/should + subject + have + past participle (verb 3) + complement?

  • Would Susan have finished the report if the client had called her? (Apakah Susan akan menyelesaikan laporannya jika kliennya meneleponnya?)
  • Would they have cooked chicken soup if they had bought the chicken? (Apakah mereka akan memasak sup ayam jika mereka membeli ayamnya?)
  • Would I have missed the buss if I had left my house earlier? (Apakah aku tidak akan sudah ketinggalan bus jika meninggalkan rumah lebih awal?)
  • Should you have finished the task last week? (Apakah kamu seharusnya sudah menyelesaikan tugas itu minggu lalu?)
  • Should he have read the book by now? (Apakah dia seharusnya akan sudah membaca bukunya sekarang?)
  • Had you been accepted into Film School, would you have chosen Film Editing as you major? (Jika kamu diterima di Sekolah Film, apakah kamu akan memilih Persuntingan Film sebagai jurusanmu?)
  • If Nana hadn’t been sick, would she have joined us to the museum? (Jika Nenek tidak sakit, apakah Nenek akan ikut ke museum dengan kita?)
  • Would the concert have started on time if it had not been the blackout? (Apakah konsernya akan dimulai tepat waktu jika tidak mati listrik?)
  •      I should not have asked my father to repair my radio. (Aku seharusnya tidak meminta ayahku untuk memperbaiki radioku.)

Baca Juga: Pengertian, Rumus dan Contoh Kalimat Simple Past Tense

Fungsi dan Penggunaan Past Future Perfect Tense

Untuk mengungkapkan kejadian yang akan selesai atau terjadi pada waktu tertentu di masa lampau

Contoh:

He would have finished the task by 9 p.m yesterday. (Dia akan sudah menyelesaikan tugas itu sebelum jam 9 malam kemarin.)

Untuk mengungkapkan kejadian yang akan selesai sebelum kejadian lain terjadi di masa lalu

Contoh:

Candidates would have taken the prediction test before they taken the TOEFL test. (Para kandidat akan sudah mengambil tes prediksi sebelum mereka mengambil tes TOEFL itu.)

Untuk menyatakan conditional sentence tipe 3

Contoh:

If they had drove safely last night, they wouldn’t have taken an accident. (Jika mereka masih berkendara dengan hati-hati kemarin malam, mereka tidak akan mengalami kecelakaan.)

Fakta: They didn’t drive safely last night. (Mereka tidak berkendara dengan berhati-hati kemarin malam.)

Itulah pembahasan mengenai contoh kalimat past future perfect tense. Jenis tense pada artikel ini dapat membantumu dalam melakukan percakapan bahasa Inggris dengan lebih baik dan lebih benar. Karena dengan ini, kamu bisa menyampaikan sesuatu sesuai konteks yang terjadi dan lawan bicaramu akan memahaminya dengan baik.

Supaya kamu nggak salah lagi menggunakan kalimat yang memiliki fungsi past future perfect tense atau tense bahasa inggris beserta bentuk tense dalam bahasa Inggris, jangan lupa untuk terus belajar terus tentang grammar bahasa Inggris khususnya di tenses. Jika kamu membutuhkan bantuan, kamu bisa mengikuti kursus IELTS online di Golden English. Dengan kursus IELTS online, kamu bisa mengembangkan kemampuan bahasa Inggris dengan mudah dan cepat. Yuk, selamat belajar!

 

Muhammad Azka Rais

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.
Muhammad Azka Rais

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.