fbpx

Sudah Tahu ? Isi Dasar Dan Struktur CV Yang Disarankan

THE BASIC CONTENT AND STRUCTURE OF CV

basic cv

A.EXPLANATION

CV atau daftar riwayat hidup umumnya berisis mengenai keterangan data pribadi seperti pengalaman seseorang ataupun kualifikasi yang lainnya.

Lalu bagian yang biasanya tercantum pada CV adalah sebagai berikut:

 

  1. Identitas Pribadi

Pastikan kamu menulis nama, alamat, nomer telpon, dan juga alamat email utama.

 

  1. Personal Summary (ringkasan pribadi)

Pastikan kamu bagian pertama dari CV mu adalah “ringkasan pengalamanmu” yang mana didalamnya termasuk pengalaman yang dapat digunakan berhubungan dengan pekerjaan.

 

  1. Skill Summary (ringkasan keahlian)

Daftarkan serangkaian keahlian-keahlian dan pengalaman yang berhubungan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

 

  1. Work Experience (pengalaman kerja)

Di Bagian ini menjelaskan mengenai pengalaman kerja.

 

  1. Education and Training (pendidikan formal & non-formal)

Pastikan kamu telah menuliskan pengalaman di bidang pendidikan baik pendidikan formal seperti sekolah dan juga pendidikan non-formal yang berarti kursus atau training yang pernah kamu ikuti.

 

  1. Hobbies (kesukaan)

Bagian ini adalah pilihan, tetapi kami menyarankan kamu untuk mengikutsertakan bagian ini dengan ringkas.

Terakhir dan tak kalah penting, kamu harus mengecek kembali apa saja yang sudah kamu tulis di CV, mulai dari spelling (ejaan), layout (susunan), typing errors (salah tulis).

 

Perekrut dan manajer perekrutan akan menjadi orang-orang yang meninjau CV Anda, jadi Anda perlu memikirkan kebutuhan mereka saat Anda menyusun CV Anda.

Baca Juga : Tips Membuat CV dalam Bahasa Inggris

Ini adalah faktor terpenting untuk dipertimbangkan dalam keseluruhan tata letak CV Anda:

a. Format

Format CV

Idealnya Anda harus menulis CV Anda di Microsoft Word karena mudah digunakan dan juga merupakan format CV yang paling umum digunakan di antara pemberi kerja dan perekrut secara global.

 

Jika Anda tidak memiliki akses ke Microsoft Word, Google Docs adalah alternatif gratis yang sangat bagus.

 

b. Font yang bersih dan sederhana

Font CV

Kesederhanaan adalah kunci dalam CV apa pun, jadi jangan gunakan font yang mewah atau skema warna yang mencolok. Gunakanlah font professional yang sederhana agar  pembaca pun tidak terganggu dalam membacanya.

 

c. Bagian yang terbagi dengan jelas

Selanjutnya aturlah setiap bagian dari CV-mu secara logis seperti pergunakan judul tebal dan berikanlah batas pada setiap judul untuk mengatur jarak antar halaman. ini akan memungkinkan perekrut untuk melompat dengan cepat ke informasi apapun yang mereka butuhkan dengan mudah.

 

d. Spasi yang cukup

Tidak ada yang lebih menarik bagi pembaca selain paragraf besar yang tidak terputus, mereka terlihat berantakan dan menakutkan untuk dibaca. Maka dengan itu berikanlah jarak atau spasi pada setiap bagian-bagian CV-mu agar mudah dinavigasi.

 

e. 2 halaman panjang 

Nah, agar menarik perhatian dari perekrut atau manajer perekrutan, maka buatlah CV yang pendek dan tapi menjelaskan secara detail, hal ini tentunya tak akan membuat mereka bosan ketika membacanya. (CV Akademik terkadang 3 atau 4 halaman)

Baca Juga : Cara Memperoleh Skor TOEFL diatas 500

B. Tips membuat CV 

Jika kalian bingung aplikasi apa yang dapat digunakan untuk membuat CV/digital CV, maka gunakan saja aplikasi Canva yang dapat di download pada perangkat kalian. Dalam Canva kita bisa membuat CV dengan mudah dan sesuai dengan kreasi masing masing, dalam Canva pun sudah ada beberapa template yang bisa kita gunakan.  

 

C. Latihan

Buatlah Curriculum vitae (CV) sesuai dengan data pribadi kalian dengan menggunakan aplikasi Canva untuk lebih memudahkan dan terlihat lebih menarik, seperti contoh berikut: 

Baca Juga : Penjelasan Modal Verb & Fungsinya

D. Conclusion

Curriculum vitae atau CV sangat dibutuhkan jika kita akan melamar pekerjaan. Dan untuk bagaimana bentuk CV yang ideal sudah kami jelaskan diatas, maka dengan itu diharapkan kalian dapat membuat-nya dengan kreatifitas kalian masing-masing.