fbpx

Now Everyone Can Speak English

Definisi, Struktur, dan Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris

Daftar Isi

Descriptive Text

Siapa sih yang nggak kenal dengan materi Descriptive Text? Apabila kamu masih bingung dengan materi Descriptive Text, tenang aja! Di tulisan ini kamu bakal belajar gimana cara mendeskripsikan sesuatu dengan bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris. Bisa juga belajar cara memakai kosa kata yang tepat serta contoh kalimat yang bisa kamu pakai di kelas.

Jadi, untuk kamu yang masih bingung gimana cara belajar Descriptive Text, kami sarankan untuk baca artikel ini sampai selesai. Tunggu apa lagi? Yuk belajar Descriptive Text bersama!

1. Pengertian Descriptive Text

Descriptive text ialah teks yang bertujuan buat menggambarkan suatu objek, tempat, orang, {kondisi|keadaan, atau peristiwa. Tujuannya yakni buat memberikan ilustrasi visual ataupun pengalaman lewat kata-kata, membantu pembaca mengerti objek yang dideskripsikan.

Baca Juga: 16 Tenses dalam Bahasa Inggris Beserta Rumus dan Contohnya

2. Tujuan Descripitive Text

Tujuan dari descriptive text yaitu buat memberikan gambaran yang jelas dan terperinci tentang sebuah objek, tempat, orang, kondisi, atau peristiwa. Tujuan utama dari teks ini adalah untuk membantu pembaca membayangkan atau memahami objek yang dideskripsikan dengan jelas dan membuat pembaca seolah-olah mereka sedang berada di sana ataupun melihat objek itu sendiri.

Descriptive text juga bertujuan untuk memberikan informasi yang cukup mengenai objek yang dideskripsikan, menggunakan bahasa yang pas dan sesuai untuk menjadikan suasana ataupun atmosfer yang pas, dan memfokuskan pada detail dan penggunaan bahasa yang efektif buat menggambarkan objek.

Descriptive Text

3. Struktur Descriptive Text

Struktur descriptive text terbagi menjadi dua bagian utama, yaitu :

a. Identification

Berada di paragraf pertama, tujuan nya ialah buat mengidentifikasi atau memperkenalkan suatu objek yang mau dideskripsikan.

Contoh :

Giraffe

Giraffes are the tellest mammals in the world. We can find them in central, eastern and southern Africa. Some of them are also kept in the zoo.

(Jerapah adalah mamalia tertinggi di dunia. Kita dapat menemukannya di Afrika tengah, timur dan selatan. Beberapa dari mereka juga dipelihara di kebun binatang.)

Baca Juga: 20 Slang Bahasa Inggris yang Bikin Kamu Makin Gaul dan Keren!

b. Description

Komponen ini, berada pada paragraf kedua dan seterusnya, berisi tentang ciri ataupun sifat-sifat yang melekat pada hal yang akan kamu deskripsi kan.

Contoh :

A giraffe has long neck. The long neck helps to eat. Around his body, it has spotted patterns with brown colour. On the top of his head, there are small horns. They are used to protect the head from fighting.

(Jerapah memiliki leher yang panjang. Lehernya yang panjang membantunya makan. Disekujur tubuhnya terdapat pola bintik dengan warna coklat. Di atas kepalanya, ada tanduk kecil. Mereka digunakan untuk melindungi kepala dari pertempuran.)

4. Ciri-ciri Descriptive Text Dalam Bahasa Inggris

Descriptive text memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Menggunakan specific noun ataupun kata benda spesifik seperti my cat, Jakarta, Surabaya dan lain sebagainya.
  2. Memakai simple present tense
  3. Gunakan adjective atau kata sifat seperti beautiful, nice, far
  4. Memakai thinking and feeling verb atau kata kerja pikiran dan perasaan buat mengungkapkan sesuatu. Contohnya : The ice cream so nice, I think Borobudur temple is the best place in the world.
  5. Memakai action verb atau kata kerja tindakan seperti write, go, cook dan lain sebagainya.

Baca Juga: Bahasa Inggris: definisi, Jenis, dan Contoh Kalimat Part of Speech

5. Contoh Descriptive Text dalam bahasa inggris

Inilah beberapa contoh yang bisa kamu pakai. Yuk, simak contoh descriptive text!

a. Contoh Descriptive Text Terkait Orang

Sarah is a young woman in her early 20s with a petite frame and long, straight blonde hair that falls in gentle waves down her back. Her face is delicate and feminine, with a small nose and rosy cheeks that give her a youthful appearance. Her eyes are a brilliant shade of blue and they twinkle with mischief and humor. She has a playful personality and loves to make others laugh with her quick wit and charming smile. Sarah is always well-put-together, wearing cute and trendy outfits that showcase her personal style. Despite her youthful energy, Sarah is driven and determined, pursuing her passions with gusto and never giving up on her dreams.

(Sarah adalah seorang wanita muda di usianya awal 20-an dengan tubuh mungil dan rambut pirang panjang yang lurus yang jatuh dalam gelombang lembut di belakangnya. Wajah Sarah halus dan feminin, dengan hidung kecil dan pipi merah muda yang memberikan penampilan yang muda. Mata Sarah berwarna biru yang brilliant dan berkilauan dengan kelucuan dan humor. Ia memiliki kepribadian yang lucu dan suka membuat orang lain tertawa dengan kecerdasan dan senyum menawan. Sarah selalu terlihat rapi, mengenakan busana yang lucu dan trendi yang menampilkan gaya pribadinya. Meskipun memiliki energi yang muda, Sarah terdorong dan bertekad, mengejar hasratnya dengan semangat dan tidak pernah menyerah pada impiannya.)

b. Contoh Descriptive Text Tentang Hewan

I have a stray cat as my pet. He is really playful, He loved to play with me and the new things he found. He has orange and white fur, his fur is so soft and I like to rubs it for him. He has a long tail. He likes to play with it. He also always try to catch his tail sometimes. I also like to hold him in my hand, when I hold him like that he will fall asleep.

(Saya memiliki kucing liar sebagai hewan peliharaan saya. Dia sangat suka bermain, Dia suka bermain dengan saya dan hal-hal baru yang dia temukan. Dia memiliki bulu oranye dan putih, bulunya sangat lembut dan saya suka menggosoknya untuknya. Dia memiliki ekor yang panjang. Dia suka bermain dengannya. Ia juga terkadang selalu berusaha menangkap ekornya. Saya juga memegangnya di tangan saya, ketika saya memegangnya seperti itu dia akan tertidur.)

c. Contoh Descriptive Text Terkait Benda

My friend bought me a present I have wanted for years. It’s a Spiderman action figure. They bought the action figure of Tom Holland’s Spiderman. The color of the suit is the combination of red and dark blue. The size of this action figure is not too big, only 15 cm. Beside that, we can also unscrew the mask. It is cool, isn’t it? Now, I put the Spiderman on my desk, next to Captain America, Thor, and The Iron Man.

(Teman saya membelikan saya hadiah yang saya inginkan selama bertahun-tahun. Ini adalah figur aksi Spiderman. Mereka membeli figur aksi Spiderman Tom Holland. Warna jas adalah kombinasi merah dan biru tua. Ukuran action figur ini tidak terlalu besar, hanya 15 cm saja. Selain itu, kita juga bisa membuka tutup topengnya. Itu keren, bukan?  Sekarang, saya meletakkan Spiderman di meja saya, disebelah Captain Amerika, Thor, dan The Iron Man.)

d. Contoh Descriptive Text Terkait Tempat

it is a sunny day in the park. Children are playing on the swings and slide, their laughter filling the air. The lush green grass is dotted with picnic blankets, as families enjoy sandwiches and cold drinks. In the distance, a group of friends is playing a lively game of frisbee, their excited shouts echoing across the open field. It is a peaceful scene, with the warmth of the sun and the joy of the people creating a happy atmosphere.

(Ini adalah hari yang cerah di taman. Anak-anak bermain di ayunan dan slide, tawa mereka mengisi udara. Rumput hijau yang hijau mewah berlubang-lubang dengan selimut picnic, saat keluarga menikmati roti dan minuman dingin. Jauh di kejauhan, sekelompok teman sedang bermain frisbee yang hidup, teriakan antusias mereka memantul di seluruh lapangan terbuka. Ini adalah pemandangan yang damai, dengan kehangatan matahari dan kebahagiaan orang membuat suasana yang bahagia.)

e. Contoh descriptive text terkait makanan

The warm, freshly baked apple pie sat on the windowsill, filling the room with its delicious aroma. The golden, flaky crust was perfectly browned, with a generous sprinkle of cinnamon sugar on top. Juicy, sweet apples peeked out from the crust, glistening with a glossy syrup that had bubbled up during the baking process. The pie was a work of art, with each slice revealing a perfect balance of fruit and crust. A scoop of vanilla ice cream on the side completed the picture of perfection, adding a cool and creamy contrast to the warm pie. One bite and the flavors exploded in the mouth, with a symphony of sweet, spicy, and savory notes that left a smile on everyone’s face. This was not just any ordinary pie, it was a masterpiece of baking, a testament to the love and care that had gone into making it.

(Pie apel yang hangat dan baru saja dibakar berada di atas jendela, mengisi ruangan dengan aroma yang lezat. Adonan kulit empuk yang keemasan dan berkulit renyah sangat baik dipanggang, dengan taburan gula kayu manis yang generik. Apel yang manis dan juicy mengintip dari adonan, berkilau dengan syrup yang glossy yang sudah membubung saat proses pemanggangan. Pie adalah sebuah karya seni, dengan setiap potongan mengungkapkan keseimbangan sempurna antara buah dan adonan. Scoop es krim vanilla di samping mempersembahkan gambar kesempurnaan, menambahkan kontras dingin dan creamy pada pie hangat. Setelah dicicip, rasa meledak di dalam mulut, dengan simfoni rasa manis, pedas, dan lezat yang membuat setiap orang tersenyum. Ini bukan hanya pai biasa, ini adalah sebuah karya dari pemanggangan, sebuah bukti cinta dan perhatian yang diberikan pada pembuatannya.)

Sekarang kamu telah mengerti bagaimana menulis “Descriptive Text” yang baik dan benar. Namun, apabila kamu mau meningkatkan keahlian bahasa Inggrismu secara keseluruhan, mengikuti kursus bahasa Inggris ialah opsi yang tepat.

Kursus bahasa Inggris di Golden English akan membantumu memperbaiki keahlian berbicara, menulis, membaca, dan mendengarkan bahasa Inggris dengan cara yang efektif dan menyenangkan. Dengan tutor berpengalaman dan metode pembelajaran yang modern, kamu akan lebih gampang dan cepat dalam menguasai bahasa Inggris. Jadi, jangan ragu untuk mendaftar ke kursus bahasa Inggris sekarang dan mulai mengejar impianmu! Kamu dapat segera daftar lewet whatsapp di 0816 251 154 ataupun dengan telepon di 021-22846193 / 021-85503106

 

Ahmad Fauzi

Ahmad Fauzi

Ahmad Fauzi

Ahmad Fauzi